Peningkatan Hasil Belajar Ips Kelas Iv Di Sd 1 Padurenan Melalui Model Pembelajaran Role Playing Berbantu Media Uang Mainan

Rachmawati, Indah (2016) Peningkatan Hasil Belajar Ips Kelas Iv Di Sd 1 Padurenan Melalui Model Pembelajaran Role Playing Berbantu Media Uang Mainan. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (522kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (245kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (369kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (562kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (672kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (165kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (231kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (10MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran role playing berbantu media uang mainan pada materi kegiatan ekonomi kelas IV SD 1 Padurenan, dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPS pada ranah afektif, kognitif, dan psikomotorik setelah diterapkannya model pembelajaran role playing berbantu media uang mainan pada siswa kelas IV SD 1 Padurenan Kudus. Hasil belajar IPS adalah perubahan tingkah laku dan pemahaman siswa yang mencakup ranah afektif, kognitif, dan psikomotori sebagai hasil dari kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan. Model pembelajaran Role Playing merupakan suatu model pembelajaran yang dilakukan dengan cara memperagakan/menampilkan suatu permasalahan yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan skenario yang diperoleh bersama kelompoknya. Model pembelajaran Role Playing ini dapat berpengaruh positif terhadap siswa dalam pembelajaran karena melibatkan siswa aktif dalam mengikuti pembelajaran. Media uang mainan adalah uang tiruan yang digunakan dalam pembelajaran IPS guna memudahkan siswa dalam memahami materi yang diajarkan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini merupakan siswa kelas IV SD 1 Padurenan Gebog Kudus dengan siswa yang berjumlah 20 yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini antara lain wawancara, observasi, dokumentasi, serta tes tertulis dalam bentuk pilihan ganda. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif, sedangkan teknik analisis data kuantitatif menggunakan teknik analisis statistik deskripsi. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada pengelolaan pembelajaran IPS materi Sumber Daya Alam dan Kegiatan Ekonomi dengan rata-rata pada siklus I 86,25 (sangat baik) dan siklus II 90,62 (sangat baik), peningkatan sebesar 4,37%, kemudian peningkatan yang signifikan juga terjadi pada hasil belajar ranah kognitif dengan rata-rata siklus I 67,75 (baik) dan siklus II 85,25 (sangat baik) peningkatan sebesar 17,5%, hasil belajar ranah afektif rata-rata siklus I 77,62 (baik) dan siklus II 83,37 (baik) peningkatan sebesar 5,75%, hasil belajar ranah psikomotorik dengan rata-rata siklus I 79 (baik) dan siklus II 88,5 (sangat baik) dengan peningkatan sebesar 9,5%. Kesimpulan penelitian dapat dijelaskan bahwa penerapan model pembelajaran Role Playing berbantu media uang mainan pada materi Sumber Daya Alam dan Kegiatan Ekonomi pada siswa kelas IV SD 1 Padurenan Gebog Kudus dapat meningkatkan hasil belajar IPS. Saran yang diberikan yaitu hendaknya siswa bisa menjadi lebih aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dan berani mengungkapkan pendapatnya. Guru hendaknya dapat memberikan proses pembelajaran yang kreatif dan melibatkan siswa dalam kegiatan pembelajaran.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing; Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar IPS, Role Playing, Uang Mainan
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 11 Aug 2016 04:28
Last Modified: 11 Aug 2016 04:28
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5989

Actions (login required)

View Item View Item