Penerapan Model Jigsaw Untuk Meningkatkankemampuan Pemecahan Masalah Matematika Materi Bilangan Bulat Berbantuan Media Cekerdi Kelas Iv Sdn 5 Gondosari

Rahmawati, Fitri (2016) Penerapan Model Jigsaw Untuk Meningkatkankemampuan Pemecahan Masalah Matematika Materi Bilangan Bulat Berbantuan Media Cekerdi Kelas Iv Sdn 5 Gondosari. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (HAl. Judul) - Accepted Version
Download (715kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (248kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (511kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (645kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (248kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (170kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (226kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (11MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menerapakan model Jigsaw berbantuan media Ceker, peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa materi operasi hitung bilangan bulat dengan penerapan model Jigsaw berbantuan media Ceker, dan dan menemukan peningkatkan aktivitas siswa dengan menerapkan model Jigsaw berbantuan media Ceker untuk memecahkan masalah matematika materi bilangan bulat di kelas IV SDN 5 Gondosari. Kemampuan pemecahan masalah matematika adalah usaha mencari jalan keluar dengan menggunakan pengetahuan, keterampilan dan pemahaman untuk mencapai tujuan. Model Jigsaw merupakan pembelajaran dengan kerja kelompok, yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk berbagi dengan temannya dan mengajar temannya. Media Ceker dalam penelitian ini yaitu media yang berbentuk setengah lingkaran yang memiliki tanda positif dan negatif. Hipotesis tindakan dalam penelitian adalah penerapan model Jigsaw dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika materi bilangan bula berbantuan media ceker di kelas IV SDN 5 Gondosari. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SDN 5 Gondosari Gebog Kudus dengan subjek penelitian 21 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refeksi. Variabel bebas adalah model Jigsaw dan media Ceker. Sedangkan variabel terikat adalah kemampuan pemecahan masalah matematika. Instrumen penelitian ini adalah tes dan non tes. Hasil penelitian terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi operasi hitung bilangan bulat yang cukup signifikan antara siklus I (71%) ,dan siklus II (86%), didukung dengan peningkatan aktivitas belajar siswa siklus I 70,24% (baik) menjadi 81,17% (baik) siklus II. Pengelolaan pembelajaran model Jigsaw berbantuan media Ceker juga mengalami peningkatan pada siklus I 70,83% (baik) menjadi 83,83% (sangat baik) siklus II. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan model Jigssaw berbantuan media Ceker dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi operasi hitung bilangan bulat kelas IV SDN 5 Gondosari Gebog Kudus. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang diakukan pada kelas IV SDN 5 Gondosari Gebog Kudus dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Jigsaw berbantuan media Ceker dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dan aktivitas belajar kelas IV SDN 5 Gondosari Gebog Kudus. Saran yang diberikan yaitu perlu menerapkan model Jigsaw berbantuan media Ceker untuk memotivasi siswa belajar, sehingga dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing; Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Jigsaw, Media Ceker, Kemampuan Pemecahan masalah, bilangan
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 11 Aug 2016 06:41
Last Modified: 11 Aug 2016 06:41
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5993

Actions (login required)

View Item View Item