Penerapan Strategi Information Search Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Iv Sd 2 Mlati Kidul Kabupaten Kudus

Ermaningtiyas, Zuliva (2016) Penerapan Strategi Information Search Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Iv Sd 2 Mlati Kidul Kabupaten Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (969kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (170kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (282kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (551kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (188kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (142kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (91kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (8MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dan menemukan peningkatan hasil belajar siswa dengan diterapkannya strategi Information Search pada mata pelajaran IPS kelas IV SD 2 Mlati Kidul Kabupaten Kudus. Hasil belajar adalah perubahan perilaku yang diperoleh siswa setelah aktivitas belajar yang dilihat dari aspek kognitif, efektif, dan psikomotor. IPS merupakan cabang ilmu pengetahuan yang membangun siswa untuk dapat menganalisis gejala dan masalah sosial pada aktivitas manusia dari berbagai aspek kehidupan. Strategi information search merupakan sebuah inovasi dalam pembelajaran karena dalam strategi ini dapat mengoptimalkan kemampuan siswa untuk mencari informasi dari berbagai sumber untuk menjawab pertanyaan atau kasus dari guru. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SDN 2 Mlati Kidul Kabupaten Kudus dengan subyek penelitian 31 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah strategi Information Search, sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar IPS. Instrumen dalam penelitian ini yaitu tes pada setiap siklus, lembar pengamatan keterampilan guru, dan lembar pengamatan aktivitas siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, dokumentasi, tes, dan observasi. Selanjutnya deskripsi kualitatif dan kuantitatif digunakan untuk menganalisis data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi Information Search dapat meningkatkan keterampilan guru, dan hasil belajar IPS. Hal tersebut dapat dilihat dari tercapainya indikator keberhasilan sebagai berikut. (1) Keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor rata-rata 75,5% (Baik) meningkat pada siklus II menjadi 82,7% (Baik). (2) Hasil belajar IPS dengan ketuntasan klasikal siswa pra siklus sebesar 48,4% dengan rata-rata 60, meningkat pada siklus I menjadi 58% dengan rata-rata 68,8 dan pada siklus meningkat menjadi 83,8% dengan rata-rata 78,2. Hasil pengamatan hasil belajar siswa ranah afektif, terjadi peningkatan dari siklus I memperoleh 68,5% (Baik) meningkat menjadi 77,7% (Baik), sedangkan hasil belajar ranah psikomotorik pada siklus I 70,8% (Baik) meningkat menjadi 80,6% (Baik). Simpulan dalam penelitian ini yaitu penerapan strategi Information Search dapat meningkatkan keterampilan guru dan hasil belajar IPS kelas IV SDN 2 Mlati Kidul Kabupaten Kudus. Saran dalam penelitian ini, guru dapat menerapkan strategi Information Search sebagai solusi untuk meningkatkan hasil belajar

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing; Drs. Masturi, MM
Uncontrolled Keywords: Information Search, Hasil Belajar IPS
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 11 Aug 2016 07:05
Last Modified: 11 Aug 2016 07:05
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5995

Actions (login required)

View Item View Item