Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Dengan Berbantuan Benda Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Kelas Iv Sdn 7 Gondoharum

Adiananingsih, Dwi (2016) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Dengan Berbantuan Benda Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Kelas Iv Sdn 7 Gondoharum. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (414kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (210kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (470kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (506kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (428kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (177kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (237kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (12MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match berbantuan benda konkret dan menemukan peningkatan hasil belajar IPS materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi pada siswa kelas IV SDN 7 Gondoharum. Hasil belajar adalah nilai dan deskripsi pencapaian kompetensi siswa pada akhir pembelajaran. Hasil belajar menilai kemampuan siswa termasuk kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik siswa. benda konkret merupakan sebuah media yang berupa objek sebenarnya untuk membantu mempelajari materi tertentu. Make A Match adalah kartu-kartu yang terdiri yang berisi pertanyaan-pertanyaan dan kartu lainnya berisi jawaban dari pertanyaan tersebut. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas IV SDN 7 Gondoharum dengan subjek penelitian 22 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas pada penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match berbantuan benda konkret. Sedangkan variabel terikatnya adalah Hasil belajar IPS kelas IV SDN 7 Gondoharum. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan hasil belajar (kognitif) materi Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi dan Transportasi yang cukup signifikan antara kondisi awal (55%), siklus I (63%), dan siklus II (82%). Hasil belajar ranah afektif secara klasikal pada siklus I memperoleh 63% dengan kriteria cukup. Sedangkan siklus II meningkat menjadi 83% dengan kriteria baik. Adapun hasil belajar psikomotorik secara klasikal pada siklus I memperoleh 58% dengan kriteria cukup. Sedangkan siklus II meningkat menjadi 80% dengan kriteria baik. Adapun keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor rata-rata 80% dengan kriteria baik dan pada siklus II meningkat memperoleh skor rata-rata 88% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pemebelajaran kooperatif tipe Make A Match berbantuan dengan benda konkret dapat meningkatkan pembelajaran IPS siswa kelas IV SDN 7 Gondoharum. Adapun saran yang diberikan yakni guru dapat menggunakan model pembelajaran Make A Match berbantuan dengan benda konkret sebagai alternatif model dalam pembelajaran.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing; Drs. Sucipto, M.Pd, Kons
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match, Benda Konkret, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 11 Aug 2016 08:03
Last Modified: 11 Aug 2016 08:03
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5997

Actions (login required)

View Item View Item