Fais, Achmad Nor (2016) Peningkatan Hasil Belajar Pkn Melalui Model Tps (Think Pair Share) Pada Kelas Iv Di Sd 1 Kaliputu Kecamatan Kota Kabupaten Kudus. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (Hal. Judul)
COVER.pdf - Accepted Version Download (803kB) |
PDF (BAB 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (267kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (425kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (549kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
PDF (BAB 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (280kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (169kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (172kB) |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (9MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dan hasil belajar dengan menerapkan model Think Pair Share pada materi Globalisasi. Hasil belajar adalah perubahan perilaku yang diperoleh siswa setelah mengalami ativitas belajar yang dilihat dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Model Think Pair Share merupakan inovasi dalam pembelajaran karena dalam Think Pair Share kemampuan berpikir siswa benar-benar dioptimalkan melalui proses kerja kelompok. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas IV SD 1 kaliputu Kudus dengan subjek penelitian 25 siswa dan guru yang berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model Think Pair Share, sedangkan variabel terikatnya yaitu Hasil belajar globalisasi. Metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari tindakan yang dilakukan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan model Think Pair Share dapat meningkatkan keterampilan guru mengelola pembelajaran, aktivitas siswa dalam belajar dan hasil belajar PKn siswa. Hal ini dapat dilihat dari terpenuhinya indikator keberhasilan sebagai berikut. (1) Peningkatan keterampilan guru mengelola pembelajaran pada siklus I ke siklus II meningkat dari rata-rata 70,8% kategori tinggi menjadi 87,5% kategori tinggi (2) Aktivitas belajar siswa ranah afektif pada siklus I memperoleh rata-rata persentase 77% dengan dengan kategori baik meningkat pada siklus II menjadi 90% sangat baik (3) Aktivitas belajar siswa ranah psikomotorik pada siklus I memperoleh rata-rata persentase 75,5% kategori baik meningkat pada siklus II menjadi 88,5% kategori sangat baik (4) Hasil belajar siswa ranah kognitif pada siklus I memperoleh persentase 64% meningkat pada siklus II menjadi 84 % dari ketuntasan klasikal yang telah ditetapkan yaitu 75 %. Simpulan dalam penelitian ini yaitu penerapan model Think Pair Share untuk pembelajaran PKn materi globalisasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Kaliputu tahun pelajaran 2015/2016. Saran untuk guru, diharapkan model Think Pair Share bisa dijadikan refrensi dalam memilih model pembelajaran agar pembelajaran dapat tercapai sesuai dengan tujuan yang diharapkan oleh guru. Untuk siswa, diharapkan siswa menumbuhkan motivasi intrinsiknya agar menjadi lebih bersemangat dan menjadi aktif di kelas. Untuk sekolah, diharapkan sekolah menfasilitasi sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam kegiatan belajar mengajar. Untuk peneliti berikutnya, diharapkan lebih memahami langkah kegiatan model Think Pair Share agar pembelajaran berjalan lancar dan berhasil.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing; Dr. Murtono, M.Pd |
Kata Kunci: | Hasil Belajar PKn, Globalisasi, Think Pair Share |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | pustakawan umk |
Date Deposited: | 15 Aug 2016 06:13 |
Last Modified: | 15 Aug 2016 06:13 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6008 |
Actions (login required)
View Item |