Febriani, Ema Rahma (2016) Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Role Playing Tentang Materi Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Pada Siswa Kelas V Sd 1 Prambatan Kidul Kudus. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version Download (1MB) |
PDF (BAB 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (252kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (396kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (414kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
PDF (BAB 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (207kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (105kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (230kB) |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (15MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model role playing dan menemukan peningkatan aktivitas pembelajaran siswa pada mata pelajaran IPS materi proklamasi kemerdekaan Indonesia kelas V SD 1 Prambatan Kidul Kudus. Pembelajaran merupakan suatu proses perubahan positif yang dilakukan oleh siswa dan didukung oleh guru yang bertujuan untuk mencukupi kebutuhan siswa, baik dari aspek ilmu pengetahuan maupun aktivitas sosial siswa. Role playing atau bermain peran merupakan sebuah model pembelajaran dengan cara memberikan peran-peran tertentu kepada siswa dalam bentuk keterlibatan pengalaman sesungguhnya yang dirancang oleh guru dan diperankan oleh siswa. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran role playing dapat meningkatkan aktifitas pembelajara IPS materi proklamasi kemerdekaan Indonesia bagi siswa kelas V SD 1 Prambatan Kidul. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas V SD 1 Prambatan Kidul dengan subjek penelitian 28 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Variabel bebas peningkatan aktifitas pembelajaran siswa. Sedangkan variabel terikat adalah model role playing. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan ketuntasan nilai hasil belajar IPS ranah kognitif siswa pada materi proklamasi kemerdekaan Indonesia yang cukup signifikan antara siklus I (64,3%), dan siklus II (82%). Didukung dengan peningkatan hasil belajar ranah afektif siswa pada siklus I 61,78% (cukup) menjadi 80,62% (baik) siklus II. Peningkatan hasil belajar ranah psikomotorik pada siklus I 61,15% (cukup) menjadi 77,67% (baik) siklus II. Keterampilan mengajar dengan menggunakan pembelajaran model role playing juga mengalami peningkatan pada siklus I 70,96% (baik) menjadi 86,67% (baik). Hal itu membuktikan bahwa penggunaan model role playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi proklamasi kemerdekaan Indonesia kelas V SD 1 Prambatan Kidul Kudus. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SD 1 Prambatan Kidul Kudus dapat disimpulkan bahwa penerapan model role playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS materi proklamasi kemerdekaan Indonesia kelas V SD 1 Prambatan Kidul Kudus. Saran untuk guru yaitu hendaknya menggunakan model role playing sebagai referensi dalam memilih model pembelajaran, siswa hendaknya lebih aktif dalam pembelajaran, sekolah hendaknya menyediakan fasilitas dan sumber belajar yang memadai dalam menunjang peningkatan kualitas pembelajaran.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing; Drs. Moh. Kanzannudin, M.Pd |
Kata Kunci: | Role Playing, Hasil belajar, Proklamasi Kemerdekaan Indonesia |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | pustakawan umk |
Date Deposited: | 16 Aug 2016 02:19 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 02:19 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6012 |
Actions (login required)
View Item |