Penerapan Model Project Based Learning Berbantuan Media Blok Pecahan Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Materi Pecahan Siswa Kelas Iv Sdn 1 Blimbingrejo Jepara

Susanti, Susi (2016) Penerapan Model Project Based Learning Berbantuan Media Blok Pecahan Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Materi Pecahan Siswa Kelas Iv Sdn 1 Blimbingrejo Jepara. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (328kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (544kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (498kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (436kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (102kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (117kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (8MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan Penelitian Ini Adalah (1) Untuk Mengetahui Keterampilan Guru Dalam Menggunakan Model Project Based Learning Berbantuan Media Blok Pecahan Pada Pembelajaran Matematika Materi Pecahan. (2) Untuk Mengetahui Aktivitas Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Melalui Penerapan Model Project Based Learning Berbantuan Media Blok. (3) Untuk Mengetahui Penerapan Model Project Based Learning Berbantuan Media Blok Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Materi Pecahan Siswa Kelas IV SDN 1 Blimbingrejo. Model Project Based Learning Merupakan Pendekatan Yang Memusatkan Pada Prinsip Dan Konsep Utama Suatu Disiplin, Melibatkan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Dan Tugas Penuh Makna Lainnya, Mendorong Siswa Untuk Bekerja Mandiri Membangun Pembelajaran, Dan Pada Akhirnya Menghasilkan Produk Atau Karya Nyata. Penelitian Tindakan Kelas Ini Dilaksanakan Di Kelas IV SDN 1 Blimbingrejo Dengan Subjek Penelitian 24 Siswa. Penelitian Ini Berlangsung Selama Dua Siklus, Setiap Siklus Terdiri Dari Empat Tahap Yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, Dan Refleksi. Variabel Bebas Dalam Penelitian Ini Adalah Model Project Based Learning Berbantuan Media Blok Pecahan. Sedangkan Variabel Terikat Adalah Pemahaman Konsep Matematika. Teknik Pengumpulan Data Berupa Observasi, Wawancara, Tes, Dan Dokumentasi. Instrumen Penelitian Yang Digunakan Berupa Lembar Observasi Keterampilan Guru Dan Lembar Observasi Aktivitas Siswa, Pedoman Wawancara, Dan Soal Evaluasi. Teknik Analisis Data Yang Digunakan Yaitu Teknik Analisis Kualitatif Dan Kuantitatif. Hasil Penelitian Menunjukkan Bahwa Adanya Peningkatan Keterampilan Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Dari Rata-Rata 76,85% Dengan Kriteria Baik Pada Siklus I Menjadi 91,67% Dengan Kriteria Sangat Baik Pada Siklus II. Adanya Peningkatan Aktivitas Siswa Dari Rata-Rata 75,41% Dengan Kriteria Baik Pada Siklus I Menjadi 88,11% Dengan Kriteria Sangat Baik Pada Siklus II. Adanya Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Dari Rata-Rata Kelas Pada Siklus I 70 Menjadi 83,13 Pada Siklus II Dan Ketuntasan Klasikal Naik Dari 66,67% Pada Siklus I Menjadi 87,5% Pada Siklus II. Simpulan Penelitian Ini Adalah Penerapan Model Project Based Learning Berbantuan Media Blok Pecahan Dapat Meningkatakan Pemahaman Konsep Matematika Materi Pecahan Siswa Kelas IV SDN 1 Blimbingrejo. Saran Dari Peneliti Yaitu Dalam Menerapkan Model Project Based Learning Berbantuan Media Blok Pecahan, Guru Harus Menyampaikan Materi Yang Jelas Dan Konkret Serta Memberikan Intruksi Terlebih Dahulu Sebelum Memulai Kegiatan Pembuatan Proyek, Agar Siswa Lebih Memahami Konsep Matematika Yang Dipelajari. Dan Untuk Mengurangi Terjadinya Kesalahan Dalam Mengerjakan Tugas Yang Diberikan, Guru Hendaknya Memberikan Pengarahan Kepada Siswa Untuk Mengecek Kembali Hasil Pekerjaannya.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Murtono, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning, Media Blok Pecahan, Pemahaman Konsep Matematika, Pecahan.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 27 Aug 2016 01:48
Last Modified: 27 Aug 2016 01:48
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6055

Actions (login required)

View Item View Item