Peningkatan Kreativitas Belajar Ips Siswa Kelas V Sdn 1 Tedunan Jepara Melalui Model Pembelajaran Think Talk And Write

Bekti Putri, Faiqoh (2016) Peningkatan Kreativitas Belajar Ips Siswa Kelas V Sdn 1 Tedunan Jepara Melalui Model Pembelajaran Think Talk And Write. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul)
Download (2MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (189kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (552kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (616kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (308kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (110kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (110kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (37MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mengetahui Peningkatan Kreativitas Belajar IPS Dan Mendeskripsikan Keterampilan Mengajar Guru Dalam Belajar IPS Pada Siswa Kelas V SDN 1 Tedunan Kecamatan Kedung Kabupaten Jepara Setelah Diterapkanya Model Pembelajaran Think Talk And Write (TTW). Kreativitas Adalah Kemampuan Seseorang Untuk Mengekspresikan Ide-Ide Baruyang Ada Dalam Dirinya Sendiri. Adapun Aspek-Aspek Yang Terdapat Dalam Kreativitas Belajar Adalah Kelancaran (Fluency), Kelenturan (Fleksibility), Keaslian (Originality), Keterperincian (Elaboration), Dan Kepekaan (Sensitivity). Model Pembelajaran Think Talk And Write (TTW) Adalah Sebuah Model Pembelajaran Kooperatif Yang Didasarkan Pada Perilaku Sosial Yang Melibatkan Semua Anggota Kelompok, Latihan Berbahasa Secara Lisan Dan Menulis Bahasa Tersebut Dengan Lancar. Model Ini Memiliki Langkah-Langkah Yang Sesuai Dengan Urutan Nama Didalamnya Yaitu Berpikir (Think), Berbicara (Talk), Menulis (Write), Presentasi Dan Kegiatan Akhir Dalam Pembelajarannya Adalah Membuat Refleksi Dan Kesimpulan. Penelitian Tindakan Kelas Ini Dilaksanakan Di Kelas V SDN 1 Tedunan Jepara Dengan Subyek Penelitian Guru Dan 20 Siswa. Penelitian Ini Berlangsung Selama Dua Siklus, Setiap Siklus Terdiri Dari Tiga Tahap Yaitu Perencanaan, Perlakuan Dan Pengamatan, Serta Refleksi. Variabel Bebas Adalah Model Pembelajaran Think Talk And Write (TTW). Variabel Terikat Dalam Penelitian Ini Adalah Kreativitas Belajar IPS. Teknik Pengumpulan Data Yang Digunakan Berupa Wawancara, Observasi, Tes, Dan Dokumentasi. Instrumen Penelitian Berupa Pedoman Wawancara, Pedoman Observasi, Tes Dan Dokumentasi. Validitas Dalam Penelitian Ini Menggunakan Validitas Isi Experts Judgement. Sedangkan Teknik Analisis Data Yang Digunakan Adalah Analisis Data Kualitatif Dan Kuantitatif. Hasil Penelitian Pada Siklus I Memperoleh Persentase Generalisasi Secara Umum Tingkat Kreativitas Belajar Siswa Sebesar 62,49% Dengan Kriteria Sedang (S). Dengan Rincian 6 Siswa Pada Kategori Kreativitas Rendah Dan 14 Siswa Tergolong Kategori Kreativitas Sedang. Pada Siklus II Mengalami Peningkatan Persentase Generalisasi Secara Umum Tingkat Kreativitas Belajar Siswa Sebesar 77,06% Dengan Kriteria Sedang (S). Dengan Rincian Terdapat 9 Siswa Tergolong Dalam Kategori Kreativitas Belajar Tinggi, 9 Siswa Memiliki Kreativitas Belajar Sedang Dan 2 Siswa Masih Memiliki Tingkat Kreativitas Belajar Kurang. Pada Keterampilan Mengajar Guru Siklus I Sebesar 93, Yang Memperoleh Persentase 77,50% Dengan Kualifikasi Baik (B) Dan Mengalami Peningkatan Pada Siklus II Keterampilan Mengajar Guru Sebesar 107 Persentase 89,16% Dengan Kualifikasi Sangat Baik (SB). Berdasarkan Hasil Penelitian Tindakan Kelas Dapat Disimpulkan Bahwa Penerapan Model Pembelajaran Think Talk And Write (TTW) Dapat Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Serta Meningkatkan Keterampilan Mengajar Guru Pada Pembelajaran IPS Khususnya Pada Materi Jasa Dan Peranan Tokoh Perjuangan Dalam Mempersiapkan Kemerdekaan Indonesia Di Kelas V SDN 1 Tedunan Jepara. Adapun Saran Yang Diberikan Sebaiknya Guru Dapat Menggunakan Model Pembelajaran Think Talk And Write (TTW) Sebagai Solusi Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kreativitas Belajar, IPS, Think Talk And Write.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 29 Aug 2016 06:52
Last Modified: 29 Aug 2016 06:52
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6064

Actions (login required)

View Item View Item