Upaya Meningkatkan Keterampilan Proses Melalui Model Pembelajaran Problem Based Instruction Pada Ipa Materi Gaya Di Kelas V Sd 1 Purwosari

Nuryani, Putri (2016) Upaya Meningkatkan Keterampilan Proses Melalui Model Pembelajaran Problem Based Instruction Pada Ipa Materi Gaya Di Kelas V Sd 1 Purwosari. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (860kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (251kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (499kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (515kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Published Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (272kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (214kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (170kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (10MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian Ini Bertujuan Untuk (1) Mendeskripsikan Penerapan Model Problem Based Instruction Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Ipa Materi Gaya. (2) Mendiskripsikan Peningkatan Keterampilan Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Dengan Menerapkan Model Problem Based Instruction. Model Problem Based Instruction Merupakan Model Pengajaran Berbasis Masalah Yang Dirancang Mengajarkan Skill-Skill Pemecahan Masalah Dan Penelitian Kepada Siswa. Keterampilan Proses Merupakan Rangkaian Proses Pembelajaran Untuk Mengembangkan Kemampuan Dan Pembentukan Kepribadian Siswa. Hipotesis Tindakan Dalam Penelitian Ini Adalah Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Instruction Dapat Meningkatkan Keterampilan Proses Ipa Materi Gaya Bagi Siswa Kelas V Sd 1 Purwosari Serta Meningkatkan Keterampilan Guru Dalam Mengelola Pembelajaran. Penelitian Ini Merupakan Penelitian Tindakan Kelas Dengan Menggunakan Model Kemmis Dan Taggrat, Yang Berlangsung Selama 2 Siklus, Setiap Siklusnya Terdiri Dari Dua Pertemuan. Tiap Siklus Terdiri Dari 4 Tahap Penelitian Yaitu, Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, Dan Refleksi. Terdiri Dari Dua Variabel Yaitu Variabel Bebas Dan Variabel Terikat. Penelitian Ini Dilaksanakan Di Kelas V Sd 1 Purwosari Kudus Dengan Subjek Penelitian 32 Siswa Yang Terdiri Dari 15 Siswa Laki-Laki Dan 17 Siswa Perempuan. Metode Pengumpulan Data Berupa Wawancara, Observasi, Dokumentasi Dan Tes. Teknik Analisis Data Meliputi Kualitatif Dan Kuantitatif. Hasil Penelitian Tindakan Kelas Menunjukkan Bahwa Pada Siklus I Keterampilan Proses Siswa Secara Klasikal Memperoleh 62,50% Dengan Kualifikasi B (Baik) Dan Meningkat Pada Siklus Ii Hasil Secara Klasikal Mencapai 81,50% Dengan Kualifikasi A (Sangat Baik). Sedangkan Hasil Perolehan Sikap Ilmiah Siswa Siklus I Secara Klasikal Mencapai 61,50% Dengan Kualifikasi B (Baik), Kemudian Meningkat Pada Siklus Ii Menjadi 73,50% Dengan Kualifikasi B (Baik). Selanjutnya Hasil Perolehan Keterampilan Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Pada Siklus I Rata-Rata Mencapai 65% Dengan Kualifikasi B (Baik) Sedangkan Pada Siklus Ii Mengalami Peningkatan Menjadi 82% Dengan Kualifikasi A (Sangat Baik). Berdasarkan Hasil Penelitian Tindakan Kelas Dapat Disimpulkan Bahwa Penerapan Model Problem Based Instruction Dapat Meningkatkan Keterampilan Proses Siswa Serta Pembentukan Sikap Ilmiah Pada Diri Siswa Dan Keterampilan Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Di Kelas. Adapun Saran Yang Diberikan Yaitu Sebaiknya Guru Dapat Menggunakan Model Problem Based Instruction Sebagai Solusi Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Murtono, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Proses, Model Problem Based Instruction.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 29 Aug 2016 09:01
Last Modified: 29 Aug 2016 09:01
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6065

Actions (login required)

View Item View Item