Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Berbantuan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V Sdn Jepuro Juwana

Kholishoh, Afidatul (2016) Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Berbantuan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V Sdn Jepuro Juwana. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (620kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (161kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (358kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (568kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (128kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (91kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (158kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (16MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan keterampilan guru pada pembelajaran IPS setelah diterapkannya model pembelajaran two stay two stray berbantuan media puzzle, mengetahui peningkatan aktivitas belajar IPS siswa kelas V SDN Jepuro Juwana setelah diterapkannya model pembelajaran two stay two stray berbantuan media puzzle, dan mengetahui peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Jepuro Juwana setelah diterapkannya model pembelajaran two stay two stray berbantuan media puzzle. Hasil belajar adalah perubahan atau kemampuan baru yang diperoleh siswa yang meliputi tiga aspek yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik selama berlangsungnya proses belajar mengajar atau biasa disebut pembelajaran. Model pembelajaran two stay two stray merupakan model pembelajaran kooperatif dua tinggal dua tamu yaitu dua siswa tetap tinggal di kelompoknya untuk memberikan informasi kepada tamu tentang hasil kelompoknya dan dua siswa lainnya bertamu ke kelompok lain untuk mencatat hasil diskusi kelompok yang dikunjunginya. Puzzle merupakan permainan sederhana berupa gambar yang telah dibagi menjadi beberapa bagian dan disusun menjadi suatu gambar yang utuh atau bisa disebut dengan bongkar pasang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari dengan empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Jepuro Juwana dengan subjek penelitian 18 siswa. Variabel bebas adalah model two stay two stray berbantuan media puzzle. Sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar IPS. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan ketuntasan nilai hasil belajar IPS siswa pada materi proklamasi kemerdekaan Indonesia yang cukup signifikan antara siklus 1 (72,22%), dan siklus 2 (88,89%), didukung dengan peningkatan aktivitas belajar IPS siswa pada siklus 1 76% (baik) menjadi 81,31% (baik) siklus 2. Pengelolaan pembelajaran model pembelajaran two stay two stray berbantuan media puzzle juga mengalami peningkatan pada siklus 1 77% (baik) menjadi 84,4% (baik) siklus 2. Hal itu membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran two stay two stray berbantuan media puzzle dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa pada materi proklamasi kemerdekaan Indonesia kelas V SDN Jepuro Juwana. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SDN Jepuro Juwana dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran two stay two stray berbantuan media puzzle dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa pada materi proklamasi kemerdekaan Indonesia kelas V SDN Jepuro Juwana. Untuk itu disarankan dalam menerapkan model model pembelajaran two stay two stray berbantuan media puzzle guru hendaknya lebih menumbuhkan kreatifitas, minat, dan motivasi siswa dalam proses pembelajaran agar pembelajaran menjadi lebih aktif dan menyenangkan.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing; Dra. Sumarwiyah, M.Pd., Kons
Uncontrolled Keywords: Two Stay Two Stray, Puzzle, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 30 Aug 2016 02:36
Last Modified: 30 Aug 2016 02:36
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6068

Actions (login required)

View Item View Item