Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Materi Kenampakan Alam Kelas Iv Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Jigsaw

Murti, Bayu Anggoro (2016) Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Materi Kenampakan Alam Kelas Iv Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Jigsaw. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (462kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (184kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (258kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (506kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (221kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (171kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (165kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (5MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa materi kenampakan alam, keterampilan guru, dan aktivitas belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Jigsaw pada siswa kelas IV SD 7 Bulung Kulon. Model Jigsaw adalah model yang membagi siswa menjadi beberapa kelompok secara sistematis (kelompok asal dan kelompok ahli) dan masing-masing siswa di dalam kelompok mendapat materi yang berbeda untuk dipelajari dan diajarkan kepada teman sekelompoknya. Hasil belajar adalah hasil pengukuran dari penilaian usaha belajar yang dinyatakan dalam bentuk simbol, huruf maupun kalimat yang menceritakan hasil yang sudah dicapai oleh setiap anak pada periode tertentu.. Hipotesis tindakan yang diajukan yaitu adanya peningkatan hasil belajar IPS siswa, keterampilan guru, dan aktivitas belajar siswa dengan diterapkannya model Jigsaw pada siswa kelas IV SD 7 Bulung Kulon. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD 7 Bulung Kulon dengan subjek penelitian 23 siswa dan guru yang berlangsung selama dua siklus, setiap siklusnya terdiri atas dua pertemuan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model Jigsaw, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar IPS siswa kelas IV SD 7 Bulung Kulon. Teknik pengumpulan data penelitian ini berupa tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari tindakan selanjutnya dianalisisi secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian sebelum melakukan tindakan memperoleh ketuntasan klasikal sebesar 52,17% meningkat menjadi 73,91% pada siklus I. Pada siklus II meningkat menjadi 91,31%. Aktivitas siswa pada siklus I mencapai rata-rata 70,34% dengan kualifikasi baik dan meningkat pada siklus II yang mencapai rata-rata 80,82% dengan kualifikasi baik. Keterampilan guru pada siklus I mencapai rata-rata 69,79% dengan kualifikasi baik dan meningkat pada siklus II yang mencapai rata-rata 83,33% dengan kualifikasi baik. Simpulan pada penelitian ini adalah penerapan Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi kenampakan alam kelas IV di SD 7 Bulung Kulon. Saran dalam penelitian ini diharapkan para siswa dapat fokus dan aktif dalam kegiatan pembelajaran, guru dapat menggunakan model alternatif dan melibatkan siswa dalam pembelajaran dan peneliti dapat mengkaji lebih mendalam model Jigsaw dan model-model pembelajaran yang lain.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing; Dr. Murtono, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Jigsaw, Hasil Belajar, IPS
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 30 Aug 2016 03:37
Last Modified: 30 Aug 2016 03:37
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6070

Actions (login required)

View Item View Item