Saputro, Bayu Jati (2016) Penerapan Model Teams Assisted Individualization Untuk Peningkatan Keterampilan Membaca Pantun Siswa Kelas Iv Sdn 2 Karangrowo Kudus. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version Download (499kB) |
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (215kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (391kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (510kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (389kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (126kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (190kB) |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan guru dan keterampilan membaca siswa dalam materi pantun dengan penerapan model teams assisted individualization pada siswa kelas IV SD 2 Karangrowo Undaan Kudus. Team-Assisted-Individualization adalah model pembelajaran kooperatif yang menekankan kerjasama siswa dalam kelompok kecil. Guru memberikan pertanyaan kepada seluruh siswa. Siswa diminta untuk memikirkan jawaban dari mereka sendiri. Guru meminta siswa berdiskusi secara berpasangan untuk mencapai sebuah kesepakatan terhadap jawaban. Kemudian guru meminta siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok di depan kelas. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan selama 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian yang digunakan adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 24 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa pedoman wawancara, lembar observasi keterampilan guru, aktifitas siswa, tes performance dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai keterampilan membaca mulai dari siklus I yakni sebesar (50%) dan pada siklus II meningkat menjadi (75%). Didukung juga dengan peningkatan keterampilan mengajar guru menerapkan model teams assisted individualization yakni pada siklus I sebesar 78% (baik) dan pada siklus II meningkat menjadi 86% (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SDN 2 Karangrowo Undaan Kudus dapat disimpulkan bahwa penerapan model teams assisted individualization dapat meningkatkan keterampilan membaca materi pantun pada siswa kelas IV SD 2 Karangrowo. Maka disarankan dalam penerapan model teams assisted individualization, guru hendaknya mengarahkan siswa agar lebih aktif dan lebih kreatif.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing; Drs. Moh. Kanzunnudin, M.Pd |
Kata Kunci: | Teams Assisted Individualization, Keterampilan Membaca, Pantun. |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | pustakawan umk |
Date Deposited: | 30 Aug 2016 03:59 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 03:59 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6071 |
Actions (login required)
View Item |