Penerapan Model Teams Assisted Individualization Untuk Peningkatan Keterampilan Membaca Pantun Siswa Kelas Iv Sdn 2 Karangrowo Kudus

Saputro, Bayu Jati (2016) Penerapan Model Teams Assisted Individualization Untuk Peningkatan Keterampilan Membaca Pantun Siswa Kelas Iv Sdn 2 Karangrowo Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (499kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (215kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (391kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (510kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (389kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (126kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (190kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan guru dan keterampilan membaca siswa dalam materi pantun dengan penerapan model teams assisted individualization pada siswa kelas IV SD 2 Karangrowo Undaan Kudus. Team-Assisted-Individualization adalah model pembelajaran kooperatif yang menekankan kerjasama siswa dalam kelompok kecil. Guru memberikan pertanyaan kepada seluruh siswa. Siswa diminta untuk memikirkan jawaban dari mereka sendiri. Guru meminta siswa berdiskusi secara berpasangan untuk mencapai sebuah kesepakatan terhadap jawaban. Kemudian guru meminta siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok di depan kelas. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan selama 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian yang digunakan adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 24 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa pedoman wawancara, lembar observasi keterampilan guru, aktifitas siswa, tes performance dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai keterampilan membaca mulai dari siklus I yakni sebesar (50%) dan pada siklus II meningkat menjadi (75%). Didukung juga dengan peningkatan keterampilan mengajar guru menerapkan model teams assisted individualization yakni pada siklus I sebesar 78% (baik) dan pada siklus II meningkat menjadi 86% (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SDN 2 Karangrowo Undaan Kudus dapat disimpulkan bahwa penerapan model teams assisted individualization dapat meningkatkan keterampilan membaca materi pantun pada siswa kelas IV SD 2 Karangrowo. Maka disarankan dalam penerapan model teams assisted individualization, guru hendaknya mengarahkan siswa agar lebih aktif dan lebih kreatif.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing; Drs. Moh. Kanzunnudin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Teams Assisted Individualization, Keterampilan Membaca, Pantun.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 30 Aug 2016 03:59
Last Modified: 30 Aug 2016 03:59
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6071

Actions (login required)

View Item View Item