Penerapan Model Stad (Student Teams Achievement Divisions) Berbantuan Media Tiga Dimensi Dalam Pembelajaran Ipa Materi Pesawat Sederhana Pada Siswa Kelas V Sdn 1 Dersalam Kudus

Jamaludin, Muhamad Anang (2016) Penerapan Model Stad (Student Teams Achievement Divisions) Berbantuan Media Tiga Dimensi Dalam Pembelajaran Ipa Materi Pesawat Sederhana Pada Siswa Kelas V Sdn 1 Dersalam Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (548kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (112kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (660kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (358kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (243kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (169kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (96kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (9MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan adanya peningkatan hasil belajar siswa ranah kognitif, mendeskripsikan peningkatan aktivitas siswa ranah afektif dan ranah psikomotorik, dan mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru dengan penerapan model STAD berbantuan media tiga dimensi dalam pembelajaran IPA materi pesawat sederhana pada siswa kelas V SDN 1 Dersalam Kudus. Model STAD (Student Teams Achievement Divisions) merupakan model pembelajaran kooperatif yang didalamnya terdapat kelompok-kelompok kecil 4 sampai 5 siswa yang heterogen. Kelompok-kelompok ini akan belajar bersama dan saling membantu untuk memastikan semua kelompok menguasai materi yang telah dipelajarinya, yang pada akhirnya semua siswa akan menjalani kuis perseorangan tentang materi tersebut. Nilai hasil kuis siswa dijumlahkan untuk nilai kelompok dan kelompok yang mencapai kriteria tertentu bisa mendapat predikat tim super, hebat, dan baik. Media tiga dimensi yang sering digunakan dalam pengajaran adalah model. Model adalah tiruan tiga dimensional dari beberapa objek nyata yang terlalu besar, terlalu jauh, terlalu kecil, terlalu mahal, terlalu jarang, atau terlalu ruwet untuk di bawa ke dalam kelas dan dipelajari siswa dalam wujud aslinya. Media tiga dimensi yang digunakan dalam penelitian ini adalah model atau benda tiruan jenis kerja. Pembelajaran adalah membangun pengalaman belajar siswa dengan berbagai keterampilan proses sehingga mendapatkan pengalaman dan pengetahuan baru. Ilmu Pengetahuan Alam merupakan ilmu yang mempelajari gejala-gejala alam, lahir dan berkembang melalui metode ilmiah seperti observasi dan eksperimen serta menuntut sikap ilmiah seperti rasa ingin tahu, terbuka, dan jujur. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah ada peningkatan hasil belajar siswa ranah kognitif, aktivitas siswa ranah afektif dan ranah psikomotorik, dan keterampilan guru dengan penerapan model STAD(Student Teams Achievement Divisions) berbantuan media tiga dimensi dalam pembelajaran IPA materi pesawat sederhana pada siswa kelas V SDN 1 Dersalam kudus tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SD 1 Dersalam Kudus dengan subjek penelitian peneliti sebagai guru dan 24 siswa. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas yang berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Variabel bebas adalah model STAD (Student Teams Achievement Divisions) dan media tiga dimensi. Sedangkan Variabel terikat adalah pembelajaran IPA. Instrumen penelitian ini adalah pedoman wawancara, lembar observasi, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian meliputi hasil belajar siswa ranah kognitif pada siklus I mencapai 70,83% dengan tingkat keberhasilan pembelajaran “tinggi” dan pada siklus II meningkat menjadi 100% dengan tingkat keberhasilan pembelajaran “sangat tinggi”. Aktivitas siswa ranah afektif siswa siklus I mencapai persentase 72,92% dengan kriteria “baik” dan siklus II meningkat menjadi 81,12% dengan kriteria “baik”. Aktivitas siswa ranah psikomotorik siswa siklus I mencapai 72,57% dengan kriteria “baik” dan siklus II meningkat menjadi 85,25% dengan kriteria “ sangat baik”. Keterampilan guru pada siklus I mencapai persentase 81,48% dengan kualifikasi ”baik” dan mengalami perkembangan siklus II menjadi 88,43% dengan kualifikasi “sangat baik”. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan model STAD berbantuan media tiga dimensi dalam pembelajaran IPA materi pesawat sederhana dapat meningkatkan hasil belajar siswa ranah kognitif, aktivitas siswa ranah afektif dan ranah psikomotorik, dan keterampilan guru pada siswa kelas V SDN 1 Dersalam Kudus. Peneliti menyarankan guru menerapkan model STAD berbantuan media tiga dimensi sebagai acuan dalam pembelajaran IPA

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing; Dr. Murtono, M.Pd
Uncontrolled Keywords: STAD (Student Teams Achievement Divisions), Media Tiga Dimensi, Pembelajaran IPA, Pesawat Sederhana
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 30 Aug 2016 05:55
Last Modified: 30 Aug 2016 05:55
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6074

Actions (login required)

View Item View Item