Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat Melalui Pmri Berbantuan Media Kancing Berwarna Pada Siswa Kelas Iv Sd 2 Bakalan Krapyak

Husni, Fahrizal (2016) Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat Melalui Pmri Berbantuan Media Kancing Berwarna Pada Siswa Kelas Iv Sd 2 Bakalan Krapyak. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (804kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (191kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (288kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (541kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (212kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (166kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (165kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (16MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa, dan pemahaman konsep matematika siswa materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat melalui pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia berbantuan media kancing berwarna. Pemahaman konsep merupakan kemampuan yang tidak hanya sebatas mengetahui atau mengingat kembali apa yang telah diterima, tidak hanya memberikan satu contoh saja tapi mampu memberikan gambaran yang lebih luas sesuai dengan kondisi saat ini. Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia merupakan pendekatan yang memanfaatkan kehidupan nyata yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari siswa sebagai penghubung dari keadaan nyata menuju yang abstrak dengan mengembangkan keaktifannya dalam mengkonstruksi sendiri pengetahuan yang diperolehnya. Media kancing berwarna adalah kancing baju yang terdiri dari dua warna, kancing hitam dan kancing merah sebagai pembeda antara bilangan bulat positif dan bilangan bulat negatif. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD 2 Bakalan Krapyak yang berjumlah 20 siswa yang terdiri atas 12 laki-laki dan 8 perempuan. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan guru dari rata-rata 3,10 dengan kategori baik pada siklus I menjadi 3,58 dengan kategori sangat baik pada siklus II. Aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan dari rata-rata 2,43 dengan kategori cukup baik pada siklus I menjadi 3,13 dengan kategori baik pada siklus II. Selain itu, pemahaman konsep matematika siswa mengalami peningkatan dari rata-rata kelas 68,75 pada siklus I menjadi 76,25 pada siklus II dan ketuntasan klasikal dari 60% pada siklus I meningkat menjadi 80% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia berbantuan media kancing berwarna dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa, dan pemahaman konsep matematika siswa kelas IV SD 2 Bakalan Krapyak pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Saran yang diberikan yaitu hendaknya pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia dapat dijadikan alternatif untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing; Dr. Martono, M.Pd
Uncontrolled Keywords: PMRI, Pemahaman Konsep Matematika, Media Kancing Berwarna, Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 30 Aug 2016 06:36
Last Modified: 30 Aug 2016 06:36
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6077

Actions (login required)

View Item View Item