Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd 5 Pasuruhan Lor

Yoviyana, Lina (2016) Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd 5 Pasuruhan Lor. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (348kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (134kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (465kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (376kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (459kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (162kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (43kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (179kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (6MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Project Based Learning dan menemukan peningkatan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V SD 5 Pasuruhan Lor. Kreativitas merupakan cara siswa untuk memahami suatu kompetensi yang dipelajari yang menyangkut berpikir kreatif, sikap kreatif, dan membuat suatu karya. Salah satu kompetensinya adalah mata pelajaran IPA pada materi sifat-sifat cahaya. Peningkatan kreativitas siswa dapat dilakukan melalui penerapan model Project Based Learning. Model Project Based Learning merupakan model pembelajaran yang melibatkan siswa secara langsung dengan membuat suatu proyek. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD 5 Pasuruhan Lor dengan subjek penelitian 19 siswa. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model Project Based Learning, sedangkan variabel terikatnya adalah kreativitas. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian keterampilan mengajar guru menerapkan model Project Based Learning mengalami peningkatan pada siklus I presentase sebesar 75% dengan kriteria baik meningkat pada siklus II dengan presentase sebesar 85% dengan kriteria sangat baik. Kreativitas siswa pada aspek berpikir kreatif siklus I sebesar 56,5% dengan kriteria cukup baik meningkat pada siklus II dengan presentase sebesar 80,5% dengan kriteria kreatif. Sikap kreatif siklus I sebesar 56,5% dengan kriteria cukup baik meningkat pada siklus II dengan presentase sebesar 82% dengan kriteria sangat kreatif. Sedangkan kreativitas dalam membuat karya siklus I sebesar 75% dengan kriteria kreatif meningkat pada siklus II dengan presentase sebesar 86,6% dengan kriteria sangat kreatif. Hal itu membuktikan bahwa penerapan model Project Based Learning dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru dan kreativitas belajar IPA materi sifat-sifat cahaya siswa kelas V SD 5 Pasuruhan Lor. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SD 5 Pasuruhan Lor dapat disimpulkan bahwa penerapan model Project Based Learning dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru dan kreativitas belajar IPA materi sifat-sifat cahaya siswa kelas V SD 5 Pasuruhan Lor. Adapun saran yang dapat diberikan yaitu sebaiknya guru dapat menggunakan model Project Based Learning sebagai solusi untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing; Dr. Sri Utaminingsih, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning, Kreativitas, Sifat-sifat Cahaya
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 30 Aug 2016 06:54
Last Modified: 30 Aug 2016 06:54
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6079

Actions (login required)

View Item View Item