Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction Dengan Pendekatan Scientific Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa Di Sekolah Dasar

Masturi, - dan Fakhriyah, Fina dan sumaji, - dan Roysa, Mila (2016) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction Dengan Pendekatan Scientific Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. [Laporan Penelitian/ Pengabdian Masyarakat] (Submitted)

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (209kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (94kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (252kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (521kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (421kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (85kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (87kB) | Tinjau ulang
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Efektivitas pembelajaran dengan model pembelajaran Problem Based Instruction berpendekatan Scientific; Manakah yang mempunyai hasil belajar lebih baik, siswa dengan minat belajar tinggi, sedang atau rendah pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah 1 Kudus; Pada masing-masing minat belajar siswa (tinggi, sedang dan rendah) manakah yang memberikan hasil belajar lebih baik, model pembelajaran Problem Based Instruction atau langsung pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah 1 Kudus. Desain penelitian ini adalah eksperimental semu (quasi-experimental research) dengan memberikan perlakuan satu kelas dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Instruction dan satu kelas dengan model pembelajaran Langsung sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian dengan analisis variansi dua jalan menunjukkan bahwa 1) Ho ditolak (Fobs > Fa = 215,18 >3,0 memberikan penjelasan bahwa siswa-siswa yang dikenai dengan model pembelajaran Problem Based Instruction dan pembelajaran langsung mempunyai prestasi belajar sub tema macam-macam sumber energi yang berbeda, 2) Fobs > Fa = 122,63 >3,0 sehingga ketiga minat belajar (tinggi, sedang, rendah) siswa memberikan efek yang berbeda terhadap prestasi belajar dan 3) Fobs < Fa = -107,51 < 3,0 sehingga H0AB diterima maka tidak ada interaksi antara model pembelajaran yang digunakan dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar sub tema macam-macam sumber energi. Saran untuk guru kelas sebaiknya bersedia untuk mencoba menerapkan model pembelajaran Problem Based Instruction pada subtema yang lain.

Tipe dokumen: Laporan Penelitian/ Pengabdian Masyarakat
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Instruction, Pendekatan Scientific, Minat Belajar
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 31 Aug 2016 05:33
Last Modified: 31 Aug 2016 05:33
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6089

Actions (login required)

View Item View Item