Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Materi Sifat-Sifat Bangun Ruang Kelas V Sd 1 Mejobo Melalui Model Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Alat Peraga

Mudlikhah, Laila (2016) Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Materi Sifat-Sifat Bangun Ruang Kelas V Sd 1 Mejobo Melalui Model Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Alat Peraga. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Depan) - Accepted Version
Download (997kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (182kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (275kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (457kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (241kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (101kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (156kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (7MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian Ini Bertujuan Mendeskripsikan Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pada Materi Sifat-Sifat Bangun Ruang Kelas V SD 1 Mejobo Melalui Model Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Alat Peraga, Mendeskripsikan Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa, Serta Mendeskripsikan Peningkatan Keterampilan Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Matematika. Pemahaman Konsep Matematika Merupakan Kompetensi Yang Ditunjukkan Siswa Dalam Memahami Definisi, Ciri Khusus, Hakikat, Prosedur Dan Inti Dari Suatu Materi, Bukan Hanya Menghafal Dan Menerapkan Suatu Rumus Tetapi Memahami Makna Dari Suatu Rumus. Model Pembelajaran Kontekstual Merupakan Konsep Yang Membantu Guru Mengaitkan Antara Materi Yang Diajarkannya Dengan Situasi Dunia Nyata Dan Mendorong Peserta Didik Membuat Hubungan Antara Pengetahuan Yang Dimilikinya Dengan Penerapannya Dalam Kehidupan Mereka. Alat Peraga Matematika Dapat Diartikan Sebagai Suatu Perangkat Benda Konkrit Yang Dirancang, Dibuat, Dan Disusun Secara Sengaja Yang Digunakan Untuk Membantu Menanamkan Dan Memahami Konsep-Konsep Atau Prinsip-Prinsip Dalam Matematika. Penelitian Tindakan Kelas Ini Dilaksanakan Di Kelas V SD 1 Mejobo Tahun Pelajaran 2015/2016 Dengan Subjek Penelitian 33 Siswa, Penelitian Ini Berlangsung Selama Dua Siklus, Setiap Siklus Terdiri Dari Empat Tahap Yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, Dan Refleksi. Variabel Bebas Dalam Penelitian Ini Adalah Model Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Alat Peraga. Sedangkan Variabel Terikat Adalah Pemahaman Konsep Matematika Materi Sifat-Sifat Bangun Ruang Siswa Kelas V SD 1 Mejobo. Teknik Pengumpulan Data Dalam Penelitian Ini Adalah Wawancara, Observasi, Tes, Dokumentasi. Data Yang Diperoleh Dari Penelitian Yang Dilaksanakan Dianalisis Secara Kuantitatif Dan Kualitatif. Hasil Penelitian Menunjukkan (1) Hasil Tes Matematika Siswa Secara Klasikal Meningkat Dari Prasiklus 36,36% (Kurang) Dengan Nilai Rata-Rata 57,30, Siklus I 72,73% (Kurang) Dengan Rata-Rata 79,03 Dan Siklus II 87,88% (Baik Sekali) Dengan Rata-Rata 81,15 (2) Aktivitas Belajar Siswa Siklus I Mencapai Skor Rata-Rata 2,45 (Cukup), Siklus II Menjadi 2,85 (Baik) (3) Keterampilan Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Matematika Meningkat Dari Siklus I Mencapai Skor Rata-Rata 3,1 (Baik) Ke Siklus II Skor Rata-Rata Menjadi 3,3 (Sangat Baik). Berdasarkan Hasil Penelitian Tindakan Kelas Dapat Disimpulkan Bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Alat Peraga Dapat Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa, Aktivitas Belajar Siswa, Dan Keterampilan Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Matematika Materi Sifat-Sifat Bangun Ruang Kelas V SD 1 Mejobo. Adapun Saran Yang Diberikan Yaitu Penelitian Tindakan Kelas Ini Dapat Dijadikan Alat Evaluasi Untuk Berinovasi Dalam Menciptakan Pembelajaran Sehingga Dapat Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: pembimbing: Dra. Sumarwiyah, M.Pd, Kons.
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep Matematika, Sifat-Sifat Bangun Ruang, Model Pembelajaran Kontekstual, Alat Peraga.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 02 Sep 2016 02:51
Last Modified: 02 Sep 2016 02:51
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6100

Actions (login required)

View Item View Item