Peningkatan Ketertiban Siswa Dalam Mengerjakan Tugas Dari Guru Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Self Monitoring Pada Siswa Kelas X Ak Smk Tamansiswa Kudus Ta. 2015/2016

Megawati, Eny (2016) Peningkatan Ketertiban Siswa Dalam Mengerjakan Tugas Dari Guru Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Self Monitoring Pada Siswa Kelas X Ak Smk Tamansiswa Kudus Ta. 2015/2016. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (701kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (377kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (483kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (203kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (240kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peneliti dapat membantu meningkatkan ketertiban siswa dalam mengerjakan tugas dari guru melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik self monitoring kelas X AK SMK Tamansiswa Kudus Tahun Ajaran 2015/2016. Ketertiban menunjuk pada kepatuhan seseorang dalam mengikuti peraturan dan tata tertib karena didorong oleh sesuatu dari luar misalnya karena ingin mendapat pujian dari atasan. Mengerjakan tugas adalah guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk melaksanakan tugas berdasarkan petunjuk guru secara langsung. Layanan bimbingan kelompok merupakan suatu cara memberikan bantuan (bimbingan) kepada individu (siswa) melalui kegiatan kelompok. Self monitoring merupakan konsep yang berhubungan dengan konsep pengaturan pesan atau konsep pengaturan diri. Penyelesaian masalah kelas pada kasus ketertiban dalam mengerjakan tugas dari guru melalui layanan bimbingan kelompok dapat diformulasikan dalam kerangka berpikir penelitian. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas Bimbingan dan Konseling yang dilaksanakan di kelas X AK SMK Tamansiswa Kudus dengan subjek penelitian 8 siswa. Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus (siklus I dan siklus II), setiap siklus dilaksanakan 3 kali pertemuan terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Self Monitoring. Sedangkan Variabel terikat adalah ketertiban siswa dalam mengerjakan tugas dari guru. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian pra siklus, siklus I, ke siklus II. Hal ini terbukti bahwa pemahaman siswa tentang ketertiban siswa dalam mengerjakan tugas dari guru mengalami peningkatan menunjukan pada pra siklus memperoleh skor 134 dengan persentase 33,5% dalam kategori sangat kurang. Pada siklus I secara keseluruhan memperoleh skor 181 dengan persentase 45% dalam kategori kurang. Kemudian pada siklus II memperoleh skor 273 dengan persentase 68% dalam kategori baik. Jadi peningkatan ketertiban siswa dalam layanan bimbingan kelompok dengan teknik self monitoring mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 23%. Untuk itu disarankan kepada: (1) Kepala Sekolah, diharapkan kepala sekolah dapat memberikan sarana dan prasarana supaya pelaksanaan bimbingan kelompok dengan teknik self monitoring dapat di laksanakan secara maksimal untuk meningkatkan ketertiban siswa dalam mengerjakan tugas dari guru. (2) Guru BK (Konselor), diharapkan agar konselor dapat memberikan layanan bimbingan kelompok berkaitan dengan ketertiban siswa dalam mengerjakan tugas dari guru sehingga dapat diperoleh cara-cara pembelajaran dan metode yang efisien. (3) Peneliti Selanjutnya, diharapkan peneliti selanjutnya dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai pedoman dalam membantu siswa untuk meningkatkan ketertiban siswa, sehingga dapat menjadi bekal bagi peneliti sebagai tenaga pendidik nantinya. (4) Siswa, diharapkan siswa dapat lebih baik lagi dalam meningkatkan ketertiban mengerjakan tugas dari guru sehingga mempunyai dampak dan pengaruh yang sangat besar terhadap perkembangan prestasi belajarnya.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing; Dra. Sumarwiyah, M.Pd, Kons
Uncontrolled Keywords: Ketertiban, Mengerjakan Tugas, Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Self Monitoring
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 22 Sep 2016 08:23
Last Modified: 22 Sep 2016 08:23
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6130

Actions (login required)

View Item View Item