Penerapan Metode Struktur Analisis Sintesis Melalui Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Kelas 1 Sd 1 Colo

Sari, Devy Rusmia (2016) Penerapan Metode Struktur Analisis Sintesis Melalui Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Kelas 1 Sd 1 Colo. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (765kB) | Tinjau ulang
[img]
Tinjau ulang
PDF (Bab 1) - Accepted Version
Download (226kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (340kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (435kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (230kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (123kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (204kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan Penelitian Ini Adalah (1) Meningkatan Keterampilan Mengajar Guru Dalam Keterampilan Membaca Melalui Metode Struktur Analisis Sintesis Berbantuan Macromedia Flash Di Kelas 1 SDN 1 Colo Kudus. (2) Meningkatan Aktivitas Belajar Siswa Kelas 1 SDN 1 Colo Kudus Di Dalam Proses Pembelajaran Membaca Melalui Teknik Struktur Analisis Sintesis Berbantuan Macromedia Flash.(3) Meningkatan Keterampilan Membaca Melalui Metode Struktur Analisis Sintesis Berbantuan Macromedia Flash Bagi Siswa Kelas 1 SDN 1 Colo Kudus. Metode Struktur Analisis Sintesis Yang Dimaksudkan Dalam Penelitian Ini Adalah Metode Membaca Yang Kegiatan Pembelajarannya Menekankan Pada Proses Membaca Secara Struktur, Analisis Dan Sintesis Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca. Membaca Merupakan Kegiatan Yang Tidak Akan Pernah Dilewatkan Oleh Manusia Di Bumi Ini Karena Membaca Merupakan Salah Satu Hal Yang Penting Dalam Kehidupan Sehari-Hari. Semua Proses Belajar Tidak Luput Dari Hal Membaca Oleh Karena Itu Membaca Dikatakan Fungsi Paling Tinggi Perannya Diantara Aspek Bahasa Lainnya Karena Dengan Membaca Seseorang Dapat Memperoleh Ilmu Dengan Tepat. Membaca Permulaan Merupakan Keterampilan Membaca Yang Diberikan Guru Pada Siswa Kelas 1 Hingga Kelas 3 SD. Hasil Belajar Merupakan Kemampuan-Kemampuan Yang Dimiliki Siswa Setelah Ia Menerima Pengalaman Belajarnya. Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Aspek Membaca Yakni Proses Mencari Dan Menemukan Sendiri Jawaban Yang Dimaksud Adalah Menemukan Sendiri Jawaban Pada Bacaan Yang Telah Di Baca. Penelitian Ini Merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Yang Dilakukan Selama 2 Siklus, Setiap Siklus Terdiri Dari 2 Pertemuan. Tiap Siklus Terdiri Dari 4 Tahap, Yaitu: Perencanaan, Pelaksanaan Tindakan, Pengamatan, Dan Refleksi. Subjek Penelitian Ini Adalah Guru Dan Siswa Kelas 1 SDN 01 Colo Kudus Yang Berjumlah 15 Siswa. Metode Pengumpulan Data Dilakukan Melalui Tes, Wawancara, Observasi, Dan Dokumentasi. Instrumen Yang Digunakan Berupa Lembar Pengamatan Keterampilan Guru Mengajar, Lembar Pengamatan Hasil Belajar Aspek Afektif Dan Psikomotorik Siswa, Tes Isian Singkat, Tes Lisan Berupa Bacaan Dan Lembar Pedoman Wawancara. Analisis Data Yang Digunakan Yaitu Analisis Data Kuantitatif Dan Kualitatif. Hasil Penelitian Ini Menunjukkan Siklus I Memperoleh Persentase 66,6% Meningkat 80,06% Pada Siklus II. Keterampilan Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Pada Siklus I Memperoleh Persentase 80,56% Meningkat Menjadi 84,72% Pada Siklus II. Persentase Siswa Ranah Afektif Pada Siklus I 58,16% Meningkat Menjadi 98,3% Pada Siklus II. Sedangkan Presentase Hasil Belajar Ranah Psikomotorik Memperoleh Persentase 83,35% Meningkat 89,22% Pada Siklus II. Simpulan Peneliti Bahwa Penggunaan Metode Struktur Analisis Sintesis Pada Keterampilan Membaca Permulaan Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 SDN 01 Colo Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Maupun Mata Pelajaran. Saran Dalam Penelitian Ini Adalah Guru Harus Berusaha Meningkatkan Pembelajaran Terutama Pada Aspek Membaca Salah Satunya Dengan Menerapkan Metode Struktur Analisis Sintesis, Menggunakan Media Dan Sumber Belajar Yang Beragam. Untuk Siswa Harus Lebih Bersemangat Dan Rajin Dalam Mengikuti Pembelajaran Terutama Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing :Dr. Murtono, M.Pd
Uncontrolled Keywords: : Metode Struktur Analisis Sintesis, Keterampilan Membaca, Membaca Permulaan, Hasil Belajar.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 22 Sep 2016 08:26
Last Modified: 22 Sep 2016 08:26
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6131

Actions (login required)

View Item View Item