Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Menggunakan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Kartu Muatan Pada Siswa Kelas Iv Sd 1 Megawon

Sari, Nurmalia Nilam (2016) Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Menggunakan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Kartu Muatan Pada Siswa Kelas Iv Sd 1 Megawon. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. judul) - Accepted Version
Download (530kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (125kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (282kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (377kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (127kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (97kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka)
Download (103kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mendeskripsikan Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas IV SD 1 Megawon Dengan Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Kartu Muatan, Mendeskripsikan Aktivitas Belajar Siswa, Dan Mendeskripsikan Peningkatan Keterampilan Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Matematika Setelah Diterapkan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Kartu Muatan. Pemecahan Masalah Matematika Merupakan Kemampuan Menyelesaikan Permasalahan Matematika Yang Menuntut Siswa Untuk Aktif Menemukan, Mengolah, Dan Menyelesaikan Masalah. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dapat Dilakukan Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Kartu Muatan. Problem Based Learning Merupakan Suatu Model Pembelajaran Yang Melibatkan Siswa Untuk Berpikir Kritis Dengan Keterampilan Memecahkan Masalah, Serta Untuk Memperoleh Pengetahuan Yang Berhubungan Dengan Masalah Tersebut. Media Kartu Muatan Adalah Media Yang Terbuat Dari Kertas Buffalo Berukuran 7 X 7 Cm Dengan Tanda Muatan Positif Dan Negatif Di Tengah Kartu. Dengan Penggunaan Media Ini, Pembelajaran Akan Menjadi Lebih Menyenangkan Dan Menarik Bagi Siswa Sehingga Siswa Lebih Mudah Memahami Materi Operasi Hitung Campuran Yang Disampaikan. Hipotesis Penelitian Tindakan Kelas Ini Adalah Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Kartu Muatan Dapat Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Aktivitas Belajar Siswa, Dan Keterampilan Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Matematika. Penelitian Ini Dilaksanakan Di Kelas IV SD 1 Megawon Dengan Subjek Penelitian 34 Siswa. Pelaksanaan Penelitian Ini Dilakukan Dalam Dua Siklus, Setiap Siklus Terdiri Dari Tahap Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, Dan Refleksi. Variabel Bebas Pada Penelitian Ini Adalah Model Problem Based Learning Berbantuan Media Kartu Muatan, Sedangkan Variabel Terikatnya Adalah Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Pengumpulan Data Dilakukan Dengan Teknik Observasi, Wawancara, Tes, Dan Dokumentasi. Analisis Data Yang Digunakan Adalah Analisis Data Kualitatif Dan Kuantitatif. Hasil Penelitian Menunjukkan Adanya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Materi Operasi Hitung Campuran Yang Cukup Signifikan Antara Siklus I (61,76%), Dan Siklus II (82,35%), Didukung Dengan Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Pada Siklus I Memperoleh Rata-Rata Sebesar 1,92 Dengan Kriteria “Cukup Baik” Dan Meningkat Pada Siklus II Dengan Rata-Rata 3,15 Dengan Kriteria “Sangat Baik". Keterampilan Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Menggunakan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Kartu Muatan Juga Mengalami Peningkatan Pada Siklus I Memperoleh Rata-Rata Sebesar 2,59 Dengan Kriteria “Baik” Dan Meningkat Pada Siklus II Dengan Rata-Rata Sebesar 3,35 Dengan Kriteria “Sangat Baik”. Berdasarkan Hasil Penelitian Tindakan Kelas Yang Dilakukan Pada Kelas IV SD 1 Megawon, Dapat Disimpulkan Bahwa Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Kartu Muatan Dapat Meningkatkan Keterampilan Guru Dalam Mengelola Pembelajaran, Aktivitas Belajar Siswa, Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Materi Operasi Hitung Campuran Siswa Kelas IV SD 1 Megawon. Untuk Itu Peneliti Menyarankan Agar Pelaksanaan Pembelajaran Matematika Di SD Harus Melibatkan Siswa Secara Aktif Dalam Melakukan Pemecahan Masalah. Guru Dapat Menerapkan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Kartu Muatan Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Murtono, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Problem Based Learning, Media Kartu Muatan, Operasi Hitung Campuran
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 22 Sep 2016 08:47
Last Modified: 22 Sep 2016 08:47
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6133

Actions (login required)

View Item View Item