Peningkatan Peran Serta Siswa Dalam Pencegahan Judi Online Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Behaviour Contract Di Smk Wisudha Karya

Wijayanti, Desi Ainul Widi (2016) Peningkatan Peran Serta Siswa Dalam Pencegahan Judi Online Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Behaviour Contract Di Smk Wisudha Karya. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (2MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (170kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (244kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (106kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (88kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (153kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan penelitian: 1. Mendeskripsikan pelaksanaan layanan bimbingan kelompok teknik Behaviour Contract untuk meningkatkan peran serta siswa dalam pencegahan judi online pada siswa kelas X TAV SMK Wisudha Karya tahun pelajaran 2016/2017. 2. Memperoleh peningkatan peran serta siswa dalam pencegahan judi online setelah mendapatkan layanan bimbingan kelompok teknik behavior contract pada siswa kelas X TAV SMK Wisudha Karya tahun pelajaran 2016/2017. Judi online adalah kegiatan yang mengharapkan peruntungan pada nasib yang tidak tahu perhitungannya melalui media internet. Bimbingan kelompok sebagai suatu proses pemberian bantuan kepada individu melalui suasana kelompok yang memungkinkan setiap anggota untuk belajar berpartisipasi aktif dan berbagi pengalaman dalam upaya pengembangan wawasan, sikap atau keterampilan yang diperlukan dalam upaya mencegah timbulnya masalah atau dalam upaya pengembangan pribadi. Behavior contract adalah usaha pemimpin kelompok dalam mengatur perilaku anggota kelompok sesuai dengan perjanjian yang telah dibuat sebelumnya agar anggota kelompok mampu mencegah diri dalam perjudian online. Hipotesis penelitian: 1. Layanan bimbingan kelompok dengan teknik behavior contract dapat meningkatkan peran siswa dalam pencegahan judi online pada siswa kelas X TAV SMK Wisudha Karya Kudus Tahun Pelajaran 2015/2016. 2. Ada peningkatan peran siswa dalam pencegahan judi online melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik behavior contract. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah, PTK-BK melalui prosedur tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua tahap (2 siklus). Siswa yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TAV SMK Wisudha Karya Tahun Pelajaran 2014/2015. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis data induksi secara kualitatif. Hasil penelitian pra siklus siswa mendapakan skor rata-rata 18,9 (kurang), pada siklus I mendapatkan skor rata-rata 28,1 (Cukup), pada siklus II mendapatkan skor 42,3 (Sangat baik). Uji hipotesis: 1. Layanan bimbingan kelompok dengan teknik behavior contract dapat meningkatkan peran siswa dalam pencegahan judi online pada siswa kelas X TAV SMK Wisudha Karya Kudus Tahun Pelajaran 2015/2016. Diterima karena telah memenuhi indikator keberhasilan. 2. Ada peningkatan peran siswa dalam pencegahan judi online melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik behavior contract. Diterima karena telah memenuhi indikator keberhasilan. Simpulan penelitian: 1. Layanan bimbingan kelompok teknik behavior contract dapat meningkatkan peran aktiv siswa dalam pencegahan judi online dikarenakan pengamatan kolaborator terhadap peneliti pada siklus I diketahui peneliti mendapatkan skor 55 kategori (Cukup), pada siklus II peneliti mendapatkan skor 88 kategori (Sangat baik). 2. Peran aktiv siswa dalam pencegahan judi online telah meningkat, dari siklus I siswa mendapatkan skor rata-rata 28,1 (56%) kategori (Cukup). Pada siklus II siswa mendapatkan skor rata-rata 42,3 (85%) kategori (Sangat baik). Saran: 1. Kepala Sekolah: Kepala sekolah hendaknya menjadikan hasil penelitian sebagai pertimbangan dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di sekolah dan memfasilitasi guru bimbingan dan konseling di sekolah untuk melaksanakan layanan bimbingan kelompok. 2. Guru Bimbingan dan Konseling: Guru bimbingan dan konseling menjadikan hasil penelitian sebagai referensi dalam penanganan pelaksanaan layanan bimbingan konseling, terutama pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik behavior contract dalam setiap permasalahan siswa di sekolah. 3. Siswa: Siswa hendaknya mengetahui perjudian dengan baik dan dampak perjudian agar siswa dapat menjadi siswa yang mampu menjaga diri dari kerusakan norma-norma masyarakat dan dapat menjauhi judi karena judi merupakan hal yang dilarang bagi Agama dan Pemerintah secara umum. 4. Penelitian Selanjutnya: Penelitian selanjutnya hendaknya menggunakan teknik dalam konseling atau media pembelajaran yang sesuai dengan permasalahan siswa, dan menjadikan hasil penelitian ini sebagai referensi dalam mengembangkan penelitian dalam ranah bimbingan dan konseling di kemudian hari menjadi lebih baik.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Masturi, MM
Uncontrolled Keywords: Pencegahan Judi Online, Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Behavior Contract
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 02 Nov 2016 04:10
Last Modified: 02 Nov 2016 04:10
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6149

Actions (login required)

View Item View Item