Peningkatan Pemahaman Konsep Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat Melalui Penerapan Teori Bruner Berbantuan Media Mistar Bilangan Pada Siswa Kelas Iv Sd 3 Papringan Kudus

Bhetari, Ayurada (2016) Peningkatan Pemahaman Konsep Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat Melalui Penerapan Teori Bruner Berbantuan Media Mistar Bilangan Pada Siswa Kelas Iv Sd 3 Papringan Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (510kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (158kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (564kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (555kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (154kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (61kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (138kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendiskripsikan peningkatan aspek pemahaman konsep matematika materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat melalui penerapan teori belajar Bruner berbantuan media mistar bilangan, (2) mendiskripsikan keterampilan guru dalam mengelola proses pembelajaran pada aspek pemahaman konsep matematika materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat menggunakan teori belajar Bruner berbantuan media mistar bilangan, dan (3) mendiskripsikan aktivitas siswa dalam memahami konsep matematika materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat menggunakan teori belajar Bruner berbantuan media mistar bilangan pada siswa kelas IV SD 3 Papringan. Pemahaman konsep adalah kemampuan seseorang dalam mengelempokkan tanda (obyek) ke dalam contoh dan bukan contoh secara benar kemudian mampu mengungkapkan kembali dalam bentuk lain yang mudah dimengerti setelah mampu menguasai sesuatu. Selanjutnya, penerapan teori Bruner merupakan teori belajar penemuan yang mempunyai tujuan memperoleh pengetahuan dengan suatu cara yang dapat melatih berbagai kemampuan inteklektual siswa, merangsang keingintahuan, dan memotivasi kemampuan mereka dengan melalui tiga tahap dalam proses belajar yaitu memperoleh informasi, menganalisis informasi dan menilai informasi. Penerapan pembelajaran teori Bruner dalam penelitian ini menjelaskan tiga tahap perkembangan yaitu: (1) Enaktif ; (2) Ikonik dan (3) Simbolik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek siswa kelas IV SD Negeri 3 Papringan Kaliwungu Kudus sebanyak 20 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan masing-masing tiap siklus adalah 2 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa wawancara, tes, observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa lembar wawancara, soal evaluasi dan lembar observasi. Teknik analisis yang digunakan yaitu teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasilpenelitianterbuktimenunjukkanadanyapeningkatan yang signifikanpadapemahamankonseppenjumlahan dan pengurangan bilangan bulat padasiswadenganpersentaseketuntasanyakniprasiklusdenganpersentase 40% (cukup), siklus I denganpersentase 60% (baik), dansiklus II denganpersentase 80% (sangatbaik). Peningkatan keterampilan guru dalammengelolapembelajaranpadamatapelajaranMatematikamateripenjumlahan dan pengurangan bilangan bulatdenganpenerapanteori Brunerberbantuan media mistar bilangandengan rata-rata persentase70,05% (baik) padasiklus I meningkatmenjadi87,50% (sangatbaik) padasiklus II. PeningkatanAktivitassiswajugamengalamipeningkatandaripersentase58,91% (baik) padasiklus I dan76,45% (sangatbaik) padasiklus II. Simpulandaripenelitiandapatditerangkanbahwapenerapan teori Bruner berbantuan media mistar bilangan dapatmeningkatkanpemahamankonseppenjumlahan dan pengurangan bilangan bulat padasiswakelasIV SD 3 Papringan Kudus,meningkatkanketerampilan guru dalam pelaksanaan pembelajaran,dan meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IV SD 3 Papringan Kudus. Saran yang diberikankepadasiswayaitusiswalebihaktifbertanyadalam proses pembelajaran, guru hendaknyamenerapkanberbagai teori belajar atau model pembelajaran, selain itu untuk menunjang keberhasilan pembelajaran dapat menggunakan media pembelajaran yang sesuaidenganmateri yang akandisampaikan.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: PEmbimbing: Henry Suyo Bintoro, S.Pd, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep, Teori Belajar Bruner, Media Mistar Bilangan, Bilangan Bulat
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 04 Nov 2016 02:06
Last Modified: 04 Nov 2016 02:06
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6158

Actions (login required)

View Item View Item