Peningkatan Pemahaman Konsep Sifat-Sifat Bangun Datar Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbantuan Ular Tangga Pengetahuan Pada Siswa Kelas V Di Sd 3 Adiwarno

Hasanah, Uswatun (2016) Peningkatan Pemahaman Konsep Sifat-Sifat Bangun Datar Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbantuan Ular Tangga Pengetahuan Pada Siswa Kelas V Di Sd 3 Adiwarno. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (786kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (170kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (244kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (BAb 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (106kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (100kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (153kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (8MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan pemahaman konsep matematika siswa, aktivitas siswa serta keterampilan guru pada materi sifat-sifat bangun datar kelas V SD 3 Adiwarno dan mendeskripsikan penerapan pendekatan pendidikan matematika realistik berbantuan ular tangga pengetahuan. Pemahaman konsep (conceptual understanding) adalah kemampuan dalam memahami konsep, operasi dan relasi dalam matematika, berkaitan dengan pentingnya komponen pemahaman dalam matematika. Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik merupakan pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan konteks dunia nyata, model-model, produksi dan konstruksi, interaktif, dan keterkaitan (intertwinment). Ular tangga pengetahuan permainankan yang dimainkan 3-5 orang, papan permainan ada 100 kotak, masing-masing kotak berisi pertanyaan pengetahuan yaitu pengetahuan tentang sifat-sifat bangun datar. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas V SD 3 Adiwarno dengan subjek penelitian 29 siswa, penelitian ini berlangsung selama dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pendekatan pendidikan matematika realistik berbantuan ular tangga pengetahuan. Sedangkan variabel terikat adalah pemahaman konsep matematika materi sifat-sifat bangun datar siswa kelas V SD 3 Adiwarno. Instrumen penelitian ini adalah wawancara, observasi, tes, dokumentasi. Data yang diperoleh meliputi data hasil evaluasi pemahaman konsep, aktivitas belajar siswa, serta keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran. Data yang diperoleh dari tindakan yang dilakukan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Kondisi pra siklus siswa sebelum dilakukan tindakan mendapat ketuntasan sebesar 44,44% dengan rata-rata 57,30 meningkat pada siklus I sebesar 62,96% dengan rata-rata 72,15 dan pada siklus II meningkat menjadi 88,89% dengan rata-rata 77,92. Aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh skor 2,55 dengan kriteria “baik” meningkat pada siklus II menjadi 3,00 dengan kriteria “baik”. Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I mendapat skor rata-rata 3,06 dengan kriteria “baik” meningkat pada siklus II menjadi 3,34 dengan kriteria “sangat baik”. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep siswa kelas V semester 2 SD 3 Adiwarno dapat meningkat setelah digunakanya pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Saran penelitian ini yakni hendaknya peneliti selanjutnya mempersiapkan kemampuan prasyarat siswa serta membimbing siswa dalam penemuan konsep sehingga siswa dapat menarik kesimpulan dengan tepat dan sebaiknya guru menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik berbantuan Ular Tangga Pengetahuan sebagai solusi untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Eka Zuliana. S.Pd, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep Matematika, Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik, Sifat-Sifat Bangun Datar.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 05 Nov 2016 02:41
Last Modified: 05 Nov 2016 02:41
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6161

Actions (login required)

View Item View Item