Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Materi Sifat-Sifat Bangun Ruang Melalui Pendekatan Konstruktivisme Berbantuan Media Tiga Dimensi Pada Siswa Kelas Iv Sd 3 Karangmalang

Trisnawati, Fina (2016) Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Materi Sifat-Sifat Bangun Ruang Melalui Pendekatan Konstruktivisme Berbantuan Media Tiga Dimensi Pada Siswa Kelas Iv Sd 3 Karangmalang. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. judul) - Accepted Version
Download (606kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (170kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (244kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (106kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (174kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (153kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (12MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan pemahaman konsep matematika materi sifat-sifat bangun ruang melalui pendekatan konstruktivisme berbantuan media tiga dimensi pada siswa kelas IV SD 3 Karangmalang. Pemahaman konsep adalah sebuah kemampuan untuk mendefinisikan konsep secara verbal dan tertulis; mengidentifikasi; menggunakan model, diagram, dan simbol-simbol untuk mempresentasikan suatu konsep; mengubah suatu bentuk presentasi ke dalam bentuk lain; mengenal berbagai makna dan interpretasi konsep; mengidentifikasi sifat-sifat suatu konsep dan mengenal syarat yang menentukan suatu konsep; membandingkan dan membedakan konsep-konsep. Sifat-sifat bangun ruang adalah unsur-unsur yang ada dalam suatu bangun ruang yang meliputi sisi, rusuk, dan titik sudut. Pendekatan Konstruktivisme adalah pendekatan pembelajaran yang mengajak siswa untuk berpikir dan mengkonstruksikan dalam memecahkan masalah secara bersama-sama sehingga didapatkan suatu penyelesaian yang akurat. Sedangkan media tiga dimensi adalah media yang tampilannya dapat diamati dan mempunyai dimensi panjang, lebar, dan tinggi/tebal. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD 3 Karangmalang dengan subjek penelitian 28 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Variabel bebas dari penelitian ini yaitu pendekatan konstruktivisme berbantuan media tiga dimensi. Sedangkan variabel terikatnya adalah pemahaman konsep matematika. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan dua teknik yaitu tes dan non tes. Untuk tes berupa tes tertulis. Sedangkan untuk teknik non tes yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian tindakan kelas melalui pendekatan konstruktivisme berbantuan media tiga dimensi materi sifat-sifat bangun ruang pada siswa kelas IV menunjukkan peningkatan keterampilan guru, aktivitas siswa dan pemahaman konsep matematika setiap siklusnya. Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I memperoleh skor rata-rata 2,89 dengan kualifikasi baik, dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 3,44 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor 2,36 dengan kriteria cukup baik dan meningkat pada siklus II memperoleh skor 2,90 dengan kriteria baik. Pemahaman konsep matematika materi sifat-sifat bangun ruang pada prasiklus ketuntasan klasikal siswa sebesar (43%) dengan rata-rata 68,21 mengalami peningkatan pada siklus I menjadi (64%) dengan rata-rata 73,39 serta pada siklus II meningkat menjadi (82%) dengan rata-rata 78,48. Hal itu membuktikan bahwa terjadinya peningkatan pemahaman konsep matematika materi sifat-sifat bangun ruang melalui pendekatan konstruktivisme berbantuan media tiga dimensi pada siswa kelas IV SD 3 Karangmalang. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan konstruktivisme berbantuan media tiga dimensi dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa serta pemahaman konsep matematika materi sifat-sifat bangun ruang pada siswa kelas IV SD 3 Karangmalang. Adapun saran yang diberikan yaitu sebaiknya guru dapat menggunakan pendekatan konstruktivisme berbantuan media tiga dimensi sebagai solusi untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Murtono, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep Matematika, Sifat-Sifat Bangun Ruang, Konstruktivisme, Media Tiga Dimensi
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 05 Nov 2016 03:15
Last Modified: 05 Nov 2016 03:15
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6163

Actions (login required)

View Item View Item