Peningkatan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V SD 7 Bulungcangkring dalam Menyelesaikan Soal Cerita Bangun Datar dan Bangun Ruang Melalui Model Quantum Teaching Berbantuan Media Kartu Masalah MELALUI MODEL QUANTUM TEACHING BERBANTUAN MEDIA KARTU MASALAH

Yuliantiv, Laelatul Rini (2016) Peningkatan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V SD 7 Bulungcangkring dalam Menyelesaikan Soal Cerita Bangun Datar dan Bangun Ruang Melalui Model Quantum Teaching Berbantuan Media Kartu Masalah MELALUI MODEL QUANTUM TEACHING BERBANTUAN MEDIA KARTU MASALAH. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (912kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (170kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (244kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (106kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (133kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (153kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (12MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan apakah model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan media kartu masalah dapat meningkatkan pemecahan masalah matematika dalam menyelesaikan soal cerita bangun datar dan bangun ruang pada siswa kelas V SD 7 Bulungcangkring, untuk menemukan bagaimana peningkatan aktivitas belajar dalam pemecahan masalah menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan media kartu masalah siswa kelas V SD 7 Bulungcangkring pada mata pelajaran matematika materi bangun datar dan bangun ruang, dan untuk menemukan bagaimana keterampilan guru mengelola pembelajaran dalam penerapan model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan media kartu masalah pada mata pelajaran matematika dalam menyelesaikan soal cerita bangun datar dan bangun ruang pada siswa kelas V SD 7 Bulungcangkring. Pemecahan masalah matematika adalah suatu usaha seseorang untuk mencari cara agar dapat memecahkan suatu persoalan matematika.. Model pembelajaran Quantum Teaching adalah model pembelajaran yang meriah dan menyenangkan dengan segala nuansannya, serta menyertakan segala interaksi yang memaksimalkan momen belajar. Media kartu masalah adalah suatu media berbentuk kartu terbuat dari kertas yang menjadikan pembelajaran lebih bermakna, berisi tentang materi pembelajaran yang ingin disampaikan dalam bentuk pertanyaan, perintah, petunjuk, dan pemahaman gambar yang harus diselesaikan siswa. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran quantum teaching berbantuan media kartu masalah dapat meningkatkan pemecahan masalah matematika dalam menyelesaikan soal cerita bangun datar dan bangun ruang pada siswa kelas V SD 7 Bulungcangkring. Penelitian ini dirancang menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus. Subjek penelitian ini adalah 31 siswa SD 7 Bulungcangkring Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus tahun ajaran 2015/2016. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran quantum teaching berbantuan media kartu masalah, sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah pemecahan masalah matematika materi bangun datar dan bangun ruang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dokumentasi. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian peningkatan pemecahan masalah siswa pada materi bangun datar dan bangun ruang dengan menggunakan model Quantrum Teaching berbantuan media kartu masalah mengalami peningkatan yang signifikan antara siklus I (64,5%) dan siklus II (80,65%). Hasil peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika pada siklus I 2,77 (baik) menjadi 3,15 (sangat baik). Didukung dengan peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I 3,05 (baik) dan pada siklus II 3,44 (sangat baik). Hal itu membuktikan bahwa penggunakan model Quantum Teaching berbantuan media kartu masalah dapat meningkatkan pemecahan masalah matematika siswa kelas V SD 7 Bulungcangkring dqalam menyelesaikan soal cerita bangun datar dan bangun ruang. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SD 7 Bulungcangkring dapat disimpulkan bahwa penerapan model Quantum Teaching berbantuan media kartu maslaah dapat meningkatkan pemecahan masalah matematika siswa kelas V SD 7 Bulungcangkring dalam menyelesaikan soal cerita bangun datar dan bangun ruang. Untuk itu disarankan guru dapat menerapkan model Quantum Teaching agar siswa lebih mudah dalam memecahkan suatu masalah.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Moh Kanzunnudin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pemecahan masalah matematika, Model pembelajaran quantum teaching berbantuan media kartu masalah, soal cerita bangun datar dan bangun ruang.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 05 Nov 2016 03:45
Last Modified: 05 Nov 2016 03:45
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6164

Actions (login required)

View Item View Item