Students’ Perception Toward The Usefulness Of English (A Descriptive Study Of The Ninth Grade Students Of Mts. Tarbiyatul Islamiyah Pucakwangi In Academic Year 2015/2016)

Sari, Indah Juwita (2016) Students’ Perception Toward The Usefulness Of English (A Descriptive Study Of The Ninth Grade Students Of Mts. Tarbiyatul Islamiyah Pucakwangi In Academic Year 2015/2016). Skripsi Sarjana thesis, UNiversitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (738kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (291kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (315kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (238kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (412kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (288kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (220kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar pustaka) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (210kB) | Request a copy
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (5MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Pada abad ke-21 ini, siswa diharapkan memiliki kecerdasan ganda. Salah satu kecerdasan yang harus mereka sadari adalah menguasai bahasa. Bahasa yang harus dikuasai di era ini adalah bahasa Inggris. Mengetahui bahwa Bahasa Inggris bukan bahasa ibu di Indonesia, bahkan sebagai bahasa asing, pasti sulit untuk mempelajarinya. Faktanya, sikap siswa di kelas bahasa Inggris adalah negatif. Yang paling penting dalam belajar bahasa adalah persepsi dan sikap di dalam kelas karena hal itu menunjukkan motivasi mereka. Berdasarkan rumusan masalah, tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut; (1)Mendeskripsikan persepsi siswa terhadap mata pelajaran Bahasa Inggris dan (2)Menggambarkan persepsi siswa terhadap kebermanfaatan bahasa Inggris. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan desain penelitian kualitatif. Data dari penelitian ini adalah persepsi siswa terhadap kebermanfaatan Bahasa Inggris, sedangkan sumber datanya adalah siswa kelas sembilan MTs. Tarbiyatul Islamiyah Pucakwangi tahun akademik 2015/2016. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi siswa terhadap Bahasa Inggris masih negatif. Para siswa memberikan respon positif untuk suasana kelas bahasa Inggris, tetapi negatif untuk bahasa Inggris itu sendiri. Sementara persepsi siswa terhadap kebermanfaatan bahasa Inggris umumnya dilaporkan sebagai berikut; (1)Kepedulian Profesional, 28 setuju, 29 netral, dan 45 tidak setuju, (2)Pengembangan Pribadi, 82 setuju, 39 netral, dan 15 tidak setuju, (3)Pengalaman Pendidikan, 57 setuju, 39 netral, dan 40 tidak setuju, ( 4)Status Sosial, 15 setuju, 33 netral, dan 88 tidak setuju, (5)Ketertarikan Budaya, 48 setuju, 23 netral, dan 70 tidak setuju, (6)Perjalanan dan Imigrasi, 50 setuju, 26 netral, dan 26 tidak setuju, dan ( 7)Media dan Teknologi, 45 setuju, 31 netral, dan 60 tidak setuju. Jadi, penulis berasumsi bahwa persepsi siswa terhadap kebermanfaatan Bahasa Inggris adalah "negatif". Berdasarkan hasil penelitian di atas, penulis menyimpulkan bahwa sebagian besar siswa kelas sembilan di MTs. Tarbiyatul Islamiyah Pucakwangi tahun akademik 2015/2016 memiliki persepsi negatif terhadap kebermanfaatan Bahasa Inggris. Penulis juga menyarankan, guru harus tahu bagaimana cara meningkatkan motivasi siswa dalam belajar Bahasa Inggris. Kemudian, para peneliti berikutnya dapat menjelajahi sikap siswa di kelas sebagai masalah selanjutnya setelah mendapatkan persepsi siswa terhadap Bahasa Inggris dan kebermanfaatannya.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. A. Hilal MAdjidi, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Perception, the Usefulness of English
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 05 Nov 2016 04:35
Last Modified: 05 Nov 2016 04:35
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6166

Actions (login required)

View Item View Item