Penerapan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (Jas) Sebagai Upaya Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Ipa Pada Kelas Iv Sd 2 Besito

Cahyanti, Dwi (2016) Penerapan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (Jas) Sebagai Upaya Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Ipa Pada Kelas Iv Sd 2 Besito. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (525kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (236kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (349kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (661kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (270kB) | Request a copy
[img] PDF (Bba 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (204kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (219kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (24MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan efektivitas pembelajaran IPA kelas IV SD 2 Besito pada materi hubungan makhluk hidup. Efektivitas pembelajaran terdapat dua indikator yaitu efektivitas proses pembelajaran yang meliputi keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) dan aktivitas belajar siswa serta efektivitas hasil pembelajaran. Efektivitas pembelajaran merupakan pencapaian proses maupun hasil dari suatu tujuan yang telah ditetapkan dalam pembelajaran. Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) merupakan pendekatan pembelajaran yang menekankan pada pemanfaatan lingkungan alam sekitar kehidupan siswa, baik lingkungan fisik, sosial, maupun budaya sebagai objek belajar IPA yang fenomenanya dipelajari melalui kerja ilmiah. Hipotesis tindakan dalam penelitian adalah terdapat peningkatan efektivitas pembelajaran IPA kelas IV SD 2 Besito materi hubungan makhluk hidup menggunakan pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS). Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SD 2 Besito dengan subjek penelitian guru kelas IV dan siswa kelas IV yang berjumlah 23 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus dengan setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Variabel bebas yaitu pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS), sedangkan variabel terikat yaitu efektivitas pembelajaran IPA. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan efektivitas pembelajaran IPA yaitu dengan rata-rata 71,34 dengan kualifikasi baik pada siklus I meningkat pada siklus II menjadi 78,51 dengan kualifikasi baik. Efektivitas proses pembelajaran meliputi keterampilan guru dan aktivita belajar siswa. Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) pada siklus I 79,38 dengan kualifikasi baik meningkat pada siklus II menjadi 84,69 dengan kualifikasi sangat baik. Aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan. Pada siklus I ketuntasan aktivitas belajar siswa 56,52% (sedang) dengan rata-rata 68,91 dengan kualifikasi cukup. Siklus II ketuntasan aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 72,73% (tinggi) dengan rata-rata 73,73 (baik). Efektivitas hasil pembelajaran meningkat dari siklus I ke siklus II. Ketuntasan klasikal efektivitas hasil pembelajaran siklus I yaitu 52,17% (sedang) dengan rata-rata 65,74 (baik). Siklus II ketuntasan klasikal meningkat menjadi 72,73% (tinggi) dengan rata-rata 77,10 (baik). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran IPA pada kelas IV SD 2 Besito. Oleh karena itu, disarankan agar guru dapat menerapkan pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) sebaga upaya meningkatkan efektivitas pembelajaran IPA pada materi lainnya.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Jelajah Alam Sekitar, Efektivitas Pembelajaran IPA, Hubungan Makhluk Hidup
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 07 Nov 2016 02:43
Last Modified: 07 Nov 2016 02:43
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6185

Actions (login required)

View Item View Item