Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (Tai) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Pada Siswa Kelas Iv Sd 3 Menganti Jepara

Ummah, Eny Rofiatul (2016) Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (Tai) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Pada Siswa Kelas Iv Sd 3 Menganti Jepara. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal Judul) - Accepted Version
Download (769kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (170kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (244kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bba 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (106kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (285kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (153kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (9MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan keterampilan guru dalam menerapkan model Team Assisted Individualization pada mata pelajaran PKn kelas IV SD 3 Menganti Jepara. (2) mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran PKn dengan menerapkan model Team Assissted Individualization di kelas IV SD 3 Menganti . (3) mengetahui peningkatan hasil belajar PKn siswa kelas IV SD 3 Menganti dengan menerapkan model pembelajaran Team Assisted Individualization. Model pembelajaran Team Assisted Individualization adalah model pembelajaran kooperatif yang menggabungkan cara belajar individual dan kelompok dengan memanfaatkan bantuan tutor sebaya. Hasil belajar merupakan pencapaian dan penguasaan siswa setelah mengikuti proses belajar mengajar. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah (1) terjadi peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran PKn di kelas dengan diterapkannya model Team Assisted Individualization, (2) terjadi peningkatan aktivitas belajar pada mata pelajaran PKn dengan menerapkan model Team Assisted Individualization, (3) terjadi peningkatan hasil belajar PKn dengan diterapkannya model Team Assisted Individualization. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian yakni peneliti yang sekaligus berperan sebagai guru serta siswa kelas IV SD 3 Menganti Jepara sebanyak 24 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus yang terdiri dari empat tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Team Assisted Individualization. Sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar PKn. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yakni data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization. Hal ini dapat dilihat dari terpenuhinya indikator keberhasilan sebagai berikut. (1). Peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan dari 67,9% dengan kriteria baik menjadi 82,9%. (2). Aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan dari 69,3% dengan kriteria baik menjadi 80,27% dengan kriteria baik. (3). Hasil belajar ranah kognitif mengalami peningkatan dari pra siklus, siklus I hingga siklus II. Pra siklus ketuntasan sebesar 37,5%, siklus I naik menjadi 61,9% dan naik pada siklus II menjadi 81,8%. Hasil belajar ranah afektif siswa meningkat dari siklus I ke siklus II. Siklus I persentase sebesar 67,1% menjadi 78,52% pada siklus II. Hasil belajar ranah psikomotorik mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I persentase sebesar 67,7% meningkat menjadi 78,65% pada siklus II. Simpulan dalam penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization pada pembelajaran PKn materi dampak globalisasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD 3 Menganti Jepara. Saran untuk siswa diharapkan memiliki kesiapan dan mengikuti pembelajaran dengan baik. Bagi guru hendaknya mencari referensi model pembelajaran yang bervariatif juga dapat menggunakan media-media belajar yang mendukung proses pembelajaran di kelas. Bagi sekolah diharapkan untuk dapat memfasilitasi sarana prasarana yang digunakan dalam pembelajaran. Sekolah juga harus menjadi pengawas dan mengevaluasi kinerja guru. Dan bagi peneliti harus mempersiapkan penelitian dengan lebih matang.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Masturi, MM
Uncontrolled Keywords: Team Assisted Individuaization, Hasil belajar, PKn
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 07 Nov 2016 03:02
Last Modified: 07 Nov 2016 03:02
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6188

Actions (login required)

View Item View Item