Penerapan Metode Eksperimen Berbantuan Slide Presentation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas V Sd 4 Jati Wetan

Ariyanti, Dwy (2016) Penerapan Metode Eksperimen Berbantuan Slide Presentation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas V Sd 4 Jati Wetan. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal judul) - Accepted Version
Download (406kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (170kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (244kB) | Request a copy
[img] PDF (BAb 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (106kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (101kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (153kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (18MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode eksperimen berbantuan slide presentation dapat meningkatkan hasil belajar IPA dan meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran IPA pada materi sifat-sifat cahaya kelas V SD 4 Jati Wetan. Hasil belajar adalah kemampuan-kemampuan yang dimiliki siswa setelah menerima pengalaman belajarnya. Hasil belajar menilai kemampuan siswa termasuk kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik siswa. Metode eksperimen adalah suatu metode yang memberikan kesempatan pada siswa untuk ikut aktif melakukan percobaan di dalam pembelajaran. Dalam metode eksperimen, guru dapat mengembangkan keterlibatan fisik dan mental, serta emosional siswa. Slide presentation merupakan media visual yang dapat dipadukan dengan unsur suara yang kemudian dapat diproyeksikan pada layar (screen). Slide presentation yang digunakan menggunakan aplikasi program microsoft power point dan proyektor LCD. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas V SD 4 Jati Wetan dengan subjek penelitian 26 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas pada penelitian ini adalah penerapan metode eksperimen berbantuan media slide. Sedangkan, variabel terikatnya adalah hasil belajar IPA. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode eksperimen berbantuan slide presentation dapat meningkatkan hasil belajar IPA dan keterampilan guru. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan dari tahap siklus I sampai siklus II. Hasil belajar ranah kognitif siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 72,11 dengan ketuntasan klasikal mencapai 53,85%. Pada siklus II rata-rata kelas meningkat menjadi 78,48 dengan ketuntasan klasikal mencapai 80,77%. Untuk peningkatan pada hasil belajar ranah afektif dan psikomotorik siswa ditunjukkan dengan semakin baiknya aktivitas belajar siswa dari siklus I sampai siklus II. Peningkatan hasil belajar ranah afektif siswa pada siklus I sebesar 58,74% dengan kategori cukup menjadi 75,48% dengan kategori baik. Hasil belajar ranah psikomotorik siswa pada siklus I mencapai 59,23% dengan kategori cukup meningkat pada siklus II menjadi 75,10% dengan kategori baik. Keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor sebesar 82,5 meningkat menjadi 90,27 pada siklus II. Simpulan dalam penelitian ini yaitu penerapan metode eksperimen berbantuan slide presentation dapat meningkatkan hasil belajar IPA dan keterampilan mengajar guru. Saran bagi penelitian ini, bagi guru diharapkan metode eksperimen dapat digunakan dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa, khususnya untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Bagi siswa, hendaknya berperan aktif dan mengikuti dengan baik setiap tahap dalam proses pembelajaran yang dilakukan guru, agar siswa dapat memahami materi yang diajarkan oleh guru. Dan bagi sekolah hendaknya dapat menyediakan sarana dan prasarana yang dapat mendukung pembelajaran, menciptakan lingkungan yang kondusif sehingga pembelajaran dapat berlangsung dengan baik.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Khamdun, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Metode eksperimen, slide presentation, hasil belajar IPA, sifat-sifat cahaya
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 07 Nov 2016 03:23
Last Modified: 07 Nov 2016 03:23
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6190

Actions (login required)

View Item View Item