Penenarapan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw Berbantuan Kartu Masalah Untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Materi Bangun Datar Dan Bangun Ruang Di Kelas V Sd 1 Jatibarat

Khasanah, Siti Zumrotun (2016) Penenarapan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw Berbantuan Kartu Masalah Untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Materi Bangun Datar Dan Bangun Ruang Di Kelas V Sd 1 Jatibarat. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal judul]
Preview
PDF (Hal judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (170kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (244kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (167kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (153kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (29MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk menjelaskan peningkatan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa, dan kemampuan pemecahan masalah matematika dengan diterapkannya model JIGSAW berbantuan kartu masalah materi bangun datar dan bangun ruang pada siswa kelas VSD 1 Jatibarat Pecangaan Jepara. Kemampuan pemecahan masalah matematika merupakan suatu proses untuk menyelesaikan soal berupa tantangan yang dapat dilakukan secara rutin dan sistematis dan ketika siswa diberikan soal cerita materi bangun datar dan bangun ruang, siswa bisa menyelesaikan tahap-tahap dari kemampuan pemecahan masalah matematika. JIGSAW yakni cara yang digunakan oleh guru untuk menunjukkan suatu kerjasama dalam kelompok dan menularkan ilmunya yang sudah didapatkan dalam kelompok ahli. Kartu masalah adalah kartu yang berisi bervariasi soal tentang materi yang akan dipelajari dan dibagikan kepada siswa untuk dikerjakan. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penerapan model cooperative learning tipe JIGSAW berbantuan kartu masalah dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan kemampuan pemecahan masalah matematika materi bangun datar dan bangun ruang di kelasV SD 1 Jatibarat Pecangaan Jepara. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di kelas V SD 1 Jatibarat Pecangaan Jepara dengan subjek penelitian 20 siswa. Penelitian ini akan berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, danrefleksi. Variabel bebas adalah model JIGSAW berbantuan kartu masalah. Sedangkan variabel terikat adalah kemampuan pemecahan masalah matematika. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian pengelolaan pembelajaran model JIGSAW mengalami peningkatan pada siklus I 72 (baik) menjadi 88 (sangat baik) pada siklus II didukung dengan peningkatan aktivitas belajar matematika siswa pada siklus I 80% (baik) menjadi 92% (sangat baik) pada siklus II. Terdapat peningkatan ketuntasan belajar kemampuan pemecahan masalah matematika materi bangun datar dan bangun ruang yang cukup siginifikan antara memahami masalah siklus I (81%), dan siklus II (93%), merencanakan pemecahan masalah siklus I (63%), dan siklus II (84%), menyelesaikan perencanaan pemecahan masalah siklus I (71%), dan siklus II (92%), dan memeriksa dan menyimpulkan kembali siklus I (74%), dan siklus II (91%). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas V SD 1 Jatibarat dapat disimpulkan bahwa penggunaan model JIGSAW dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan kemampuan pemecahan masalah matematika materi bangun datar dan bangun ruang berbantuan kartu masalah di kelas V SD 1 Jatibarat Pecangaan. Untuk itu disarankan, penerapan model cooperative learning JIGSAW harus dilaksanakan dengan memperhatikan langkah-langkah pelaksanannya dengan baik dan juga sering melatih untuk kemampuan pemecahan masalah matematika.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing: Drs. Moh. Kanzunnudin, M.Pd
Kata Kunci: Model JIGSAW, Kartu masalah, Kemampuan pemecahan masalah matematika, Bangun Datar dan Bangun Ruang.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 07 Nov 2016 03:44
Last Modified: 07 Nov 2016 03:44
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6192

Actions (login required)

View Item View Item