Meningkatkan Kepercayaan Diri Dalam Bersosialisasi Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Siswa Kelas Xi Tkj 1 Smk Nu Ma’arif Kudus

Nisa, Choirun (2016) Meningkatkan Kepercayaan Diri Dalam Bersosialisasi Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Siswa Kelas Xi Tkj 1 Smk Nu Ma’arif Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal judul) - Accepted Version
Download (706kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (170kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (244kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (106kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (101kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar pustaka) - Accepted Version
Download (153kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama dalam meningkatkan Kepercayaan Diri siswa Kelas XI TKJ 1 SMK NU Ma’arif Kudus Tahun Pelajaran 2015/2016.?, dan 2) Apakah kepercayaan diri siswa dapat di tingkatkan dengan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama pada siswa Kelas XI TKJ 1 SMK NU Ma’arif Kudus Tahun Pelajaran 2015/2016?. Tujuan Penelitian dalam penelitian ini adalah1) Mendeskripsikan tindakan peneliti dalam penerapan Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siwa siswa kelas XI TKJ 1 SMK NU Ma’arif Kudus Tahun Pelajaran 2015/2016, dan 2) Mendeskrisikan Peningkatan Kepercayaan Diri Siswa dalam Bersosialisasi Melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama Pada siswa kelas XI TKJ 1 SMK NU Ma’arif Kudus Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan lebih dari satu siklus tindakan. Lokasi penelitian di SMK NU Ma’arif Kudus. Jenis Penelitian dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas XI TKJ 1 SMK NU Ma’arif Kudus Tahun Pelajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa 10 siswa, terdiri dari 2 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Variabel penelitian dalam penelitian ini adalah 1) Variabel independent atau variabel bebas (X) adalah layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama. 2) Variabel dependent atau variabel terikat (Y) adalah kepercayaan diri dalam bersosialisasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis kuantitaif dan analisis kualitatif. Berdasarkan pembahasan hasil penelitian dan analisis, maka peneliti dapat menyimpulkan sebagai berikut: Sebelum mendapatkan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama pada pra siklus diperoleh hasil kepercayaan diri dalam berkomunikasi 10 siswa dengan jumlah skor 266 rata-rata 26,6 presentase 51,8% masuk kategori kurang (K). Setelah mendapatkan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama pada siklus 1 pertemuan 1, 2 dan 3 diperoleh hasil kepercayaan diri dalam bersosioalisasi 10 siswa dengan jumlah 325 rata-rata 35,2 presentas 70,4% masuk kategori baik. Pada siklus II pertemuan 1,2 dan 3 diperoleh hasil kepercayaan diri dalam bersosialisasi 10 siswa dengan jumlah 421 rata-rata 42,1 presentase 84,2% dalam kategori sangat baik. Pada siklus diperoleh jumlah skor 266 rata-rata 26,6 presentase 51,8% masuk kategori kurang (K), dan siklus I diperoleh jumlah 325 rata-rata 35,2 presentas 70,4% masuk kategori baik, dan pada siklus II diperoleh jumlah 421 rata-rata 42,1 presentase 84,2% dalam kategori sangat baik. Jadi pra siklus, siklus I sampai siklus II diperoleh hasil 51,8% menjadi 70,4%, sehingga ada peningkatan sebesar 84,2%. Maka dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelmpok dengan teknik sosiodrama dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam bersosialisasi pada siswa kelas XI TKJ 1 SMK NU Ma’arif Kudus Tahun Pelajaran 2015/2016, diterima karena sesuai dengan indikator keberhasilan.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Sumarwiyah, M.Pd., Kons
Uncontrolled Keywords: Kepercayaan Diri dalam Bersosialisasi, Bimbingan Kelompok dan Teknik Sosiodrama.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 08 Nov 2016 07:20
Last Modified: 08 Nov 2016 07:20
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6212

Actions (login required)

View Item View Item