Peningkatan Pemahaman Konsep Dengan Menerapkan Metode Eksperimen Dalam Pembelajaran Ipa Materi Perubahan Lingkungan Fisik Kelas Iv Di Sd N 4 Jatiwetan Kudus

Anggista, Fanda (2016) Peningkatan Pemahaman Konsep Dengan Menerapkan Metode Eksperimen Dalam Pembelajaran Ipa Materi Perubahan Lingkungan Fisik Kelas Iv Di Sd N 4 Jatiwetan Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal judul) - Accepted Version
Download (610kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (170kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (244kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (106kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (97kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (153kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (9MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan keterampilan guru, meningkatkan aktivitas belajar siswa, dan meningkatkan pemahaman konsep IPA materi perubahan lingkungan fisik Kelas IV di SD N 4 Jatiwetan Kudus dengan menggunakan metode eksperimen. Pemahaman konsep IPA merupakan tingkat kemampuan siswa yang mengharapkan siswa tidak hanya mengetahui yang sifatnya mengingat (hafalan) saja, tetapi mampu menguasai, menerapkan pada aspek lainnya dengan mengembangkan konsep berpikirnya sendiri sesuai dengan pengetahuan yang dimilikinya tanpa mengubah artinya. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Sedangkan variabel terikat adalah pemahaman konsep IPA. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa dengan jumlah yang 27 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi, wawancara, tes, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu secara kualitataif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru, aktivitas belajar siswa, dan pemahaman konsep IPA. Hal ini dapat dilihat dari tercapainya indikator keberhasilan sebagai berikut: (1) keterampilan guru pada siklus I memperoleh 76% (baik), dan meningkat pada siklus II menjadi 88% (sangat baik), (2) aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh 71,2% (baik), dan meningkat pada siklus II menjadi 86, 57% (sangat baik), (3) peningkatan pemahaman konsep belajar siswa pada siklus I memperoleh 66, 67% (cukup) dan meningkat pada siklus II menjadi 92, 59% (sangat baik). Berdasarkan hasil PTK di atas dapat disimpukan bahwa penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi perubahan lingkungan fisik di kelas IV SD N 4 Jatiwetan Kudus. Untuk itu disarankan dalam penelitian ini ketika guru menggunakan metode eksperimen, guru dapat membimbing siswa dengan baik pada saat diskusi kelompok sedang berlangsung, agar pemahan konsep siswa yang didapatkan siswa menjadi maksimal.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Khamdun, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep, Metode Eksperimen, Pembelajaran IPA, Perubahan Lingkungan Fisik
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 08 Nov 2016 08:13
Last Modified: 08 Nov 2016 08:13
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6216

Actions (login required)

View Item View Item