Studi Kasus Penerapan Konseling Clien Centered Untuk Mengatasi Siswa Yang Terisolir Kelas Vii Mts Nu Miftahul Huda Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2015/2016

Ikrom, Muhammad Munawirul (2016) Studi Kasus Penerapan Konseling Clien Centered Untuk Mengatasi Siswa Yang Terisolir Kelas Vii Mts Nu Miftahul Huda Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2015/2016. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal judul]
Preview
PDF (Hal judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (343kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (131kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (218kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (126kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (88kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar Pustaka]
Preview
PDF (daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (108kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (809kB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk menemukan factor-faktor penyebab siswa terisolir di kelas VII MTs NU Miftahul Huda Dawe Kudus tahun pelajaran 2015/2016, (2) Untuk menemukan efektifitas penerapan pendekatan konseling client centered dalam mengatasi siswa yang terisolir Kelas VII MTs NU Miftahul Huda Dawe Kudus tahun pelajaran 2015/2016. Pendekatan Konseling Client Centered ini adalah perubahan dan pertumbuhan. Tanggungjawab untuk berubah itu terletak sepenuhnya pada client itu sendiri bukan pada konselor, karena perubahan itu harus timbul didalam diri client, bukan dari luar. Siswa terisolir adalah Siswa yang mengalami disinteraksi sosial akan terisolasi dari interaksi sosialnya dengan lingkungannya. Penelitian bimbingan dan konseling ini dilaksanakan dikelas VII MTs MIFTAHUL HUDA Dawe Kudus Tahun Ajaran 2015/2016 sebanyak 3 siswa. Berdasarkan rumusan masalah dan tujuan penelitian ini, maka rancangan penelitian yang dipergunakan adalah studi kasus. Langkah konseling Client Centered dalam penelitian ini sebagai berikut: identifikasi kasus, melalui sosiometri, observasi, home visit setelah data terkumpul lengkap kemudian melakukan diagnosa, prognosa dan melakukan treatment dan evaluasi. Sehingga ketiga siswa tersebut dapat merubah perilakunya. Hasil penelitian : pelaksanaan model konseling client centered untuk mengatasi siswa terisolir kelas VII MTs Miftahul Huda Dawe Kudus tahun pelajaran 2015/2016 telah dilaksanakan sebayak tiga kali, sehingga diketahui faktor-faktor yang mempengaruhi siswa terisolir dengan konseli ML yaitu mengejek teman, kurang kasih sayang dari orang tua, suka gaduh saat proses belajar mengajar. Sedangkan NF yaitu sering dimanja orang tua, sering malas-malasan. Dan RW kurang percaya diri dengan keadaan dirinya, keadaan ekonomi keluarga yang kurang. Sedangkan upaya mengatasinya dengan cara pelaksanaan dan penerapan model konseling client centered untuk mengatasi siswa yang terisolir kelas VII MTs Miftahul Huda Dawe Kudus tahun pelajaran 2015/2016, dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu melakukan identifikasi kasus, melaliu sosiometri dan obserfasi dan kunjungan rumah. Setelah data terkumpul lengkap, kemudian melakukan diagnosa, prognosa, dan melakukan treatment dan evaluasi. Sehingga ketiga siswa tersebut dapat merubah perilakunya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah menerapkan layanan konseling client centered dengan menggunakan teknik pemahaman diri dan memberikan kebebasan untuk memunculkan inisiatif untuk pengembangan diri klien lebih lanjut. Pendekatan konseling client centered efektif untuk mengatasi siswa yang terisolir di kelas VII MTs Miftahul Huda Dawe Kudus. Hal ini ditujukan dengan adanya perubahan pada tiga konseli yang dapat berinteraksi sosial dengan individu yang lain secara wajar. Berdasarkan penemuan penelitian, saran yang dianjurkan: 1. Kepala sekolah: Agar selalu memberikan dukungan dan menyediakan fasilitas BK yang dibutuhkan untuk menunjang kegiatan konseling kepada semua siswa MTs NU Miftahul Huda Dawe Kudus. 2. Guru Pembimbing: Hendaknya dalam membantu mengatasi permasalahan siswa yang dilakukan secara sistematis, mulai dengan langkah mengidentifikasi masalah siswa, mendiagnosis, mengadakan prognosis, melakukan teratment serta melakukan evaluasi dan tindak lanjut. 3. Siswa: Bersedia datang kepada guru pembimbing, jika mengalami masalah serta berani menggungkapkan masalahnya agar masalah yang dihadapi bisa terselesaikan, percaya pada kemampuan diri sendiri dan mau menerima masukan dari orang lain baik guru, orang tua maupun teman. 4. Kepada orang tua: Memberikan masukan kepada orang tua/wali murid untuk lebih memperhatikan anak-anaknya dalam rangka memberikan fasilitas yang dapat mendorong dan mebantu mengembangkan daya pikir kreatif anak. Agar anak mampu untuk melaksanakn tugas-tugas perkembangan selanjutnya. 5. Bagi peneliti berikutnya: Bagi peneliti berikutnya, diharapkan penelitian in dapat digunakan sebagai bahan rujukan atau referensi untuk mengembangkan penerapan model konseling clien centered dalam menangani masalah siswa terisolir

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: PEmbimbing: Dra. Sumarwiyah, M.Pd.,Kons
Kata Kunci: Konseling Clien Centered dan Siswa terisolir.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 08 Nov 2016 08:22
Last Modified: 08 Nov 2016 08:22
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6219

Actions (login required)

View Item View Item