Penerapan Model Numbered Heads Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Kelas Iv Sd 2 Bakalan Krapyak Kudus

Octafiani, Jayanti (2016) Penerapan Model Numbered Heads Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Kelas Iv Sd 2 Bakalan Krapyak Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal judul) - Accepted Version
Download (745kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (170kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (244kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (106kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (149kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (153kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendiskripsikan peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dengan diterapkannya model Numbered Heads Together dalam pembelajaran PKn pada siswa kelas IV SD 2 Bakalan Krapyak. (2) Mendiskripsikan peningkatan aktivitas siswa siswa dengan diterapkannya model Numbred Heads Together dalam pembelajaran PKn pada siswa kelas IV SD 2 Bakalan Krapyak. (3) Mendiskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dengan diterapkannya model Numbred Heads Together dalam pembelajaran PKn pada siswa kelas IV SD 2 Bakalan Krapyak. Model Numbered Heads Toegther merupakan merupakan jenis pembelajaran kooperatif yang dirancang cuntuk mempengaruhi pola interaksi siswa dansebagai alternatif terhadap struktur kelas tradisional. Hipotesis dalam penelitian ini adalah (1) Adanya peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dengan diterapkannya model Numbered Heads Together dalam pembelajaran PKn pada siswa kelas IV SD 2 Bakalan Krapyak (2) Adanya peningkatan aktivitas siswa dengan diterapkannya model Numbered Heads Together dalam pembelajaran PKn pada siswa kelas IV SD 2 Bakalan Krapyak. (3) Adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan diterapkannya model Numbred Heads Together dalam pembelajaran PKn pada siswa kelas IV SD 2 Bakalan Krapyak. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kemmis dan Taggrat, yang berlangsung selama 2 siklus, setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap penelitian yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Terdiri dari dua variabel yaitu variabel bebas danvariabel terikat. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD 2 Bakalan Krapyak Kaliwungu Kudus dengan subjek penelitian 20 siswa yang teridri dari 8 siswa laki-laki dan12 siswa perempuan. Metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model NHT dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar PKn. Hal ini dapat dilihat dari tercapainya indikator keberhasilan sebagai berikut. (1) keterampilan guru dalam pembelajaran PKn Siklus I rata-rata 78,33 dengan kategori baik, siklus II mencapai rata-rata 88,33 dengan kategori sangat baik. (2) Aktivitas afektif siswa dalam pembelajaran PKn dengan menerapkan model NHT pada siklus I memperoleh rata-rata 68,1 dengan kategori baik, dan siklus II mengalami peningkatan dengan rata-rata 78,65 kategori baik. Aktivitas psikomotorik siswa siklus I rata-rata 68,93 kategori baik, siklus II rata-rata 81,18 kategori baik. (3) Persentase ketuntasan hasil belajar klasikal pada tes evaluasi siklus I mencapai 60% (cukup) meningkat menjadi 85% (sangat baik) pada tes evaluasi siklus II dengan peningkatan nilai rata-rata kelas pada siklus I 72 menjadi 78,5 pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan bahwa penerapan model NHT dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran PKn, meningkatkan aktivitas afektif dan psikomotorik siswa, serta mengalami peningkatan hasil belajar PKn di kelas IV SD 2 Bakalan Krpyak. Dengan demikian peneliti memberi saran sebaiknya guru dapat menggunakan model NHT sebagai solusi untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan meningkatkan aktivitas belajar siswa.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Santoso, S.Pd, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Numbered Heads Together, keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas IV.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 08 Nov 2016 08:43
Last Modified: 08 Nov 2016 08:43
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6223

Actions (login required)

View Item View Item