Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Dalam Pembelajaran Ips Jenis-Jenis Pekerjaan Untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas Iii Sd N 4 Terban Kudus

Wulandari , Fitra (2016) Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Dalam Pembelajaran Ips Jenis-Jenis Pekerjaan Untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas Iii Sd N 4 Terban Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Unversitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal judul) - Accepted Version
Download (954kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (170kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (244kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (106kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (119kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (153kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pemanfaatan lingkunngan dalam pembelajaran pada mata pelajaran IPS dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa materi jenis-jenis pekerjaan pada siswa kelas III SD N 4 Terban. Hasil belajar merupakan perubahan perilaku yang diperoleh siswa setelah mengalami aktivitas belajar. Pemanfaatan lingkungan dalam proses pembelajaran dapat dijadikan sebagai sumber belajar. Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar dapat menggantikan peran guru sebagai sumber belajar selama proses pembelajaran. Kegiatan pembelajaran yang dilakukan menuntut siswa berperan aktif dalam mengkonstruksikan pengetahuannya sendiri sehingga hasil belajar siswa meningkat dan pembelajaran akan lebih bermakna. Guru sebagai fasilitator dalam kegiatan pembelajaran dan membantu siswa untuk mengkonstruksi pengetahuannya sendiri. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas III SD N 4 Terban Kudus dengan subjek penelitian 48 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus memiliki empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas pada penelitian ini adalah pemanfaatan lingkungan sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar siswa kelas III SD N 4 Terban yang terfokus pada mata pelajaran IPS materi jenis-jenis pekerjaan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumnetasi. Data yang telah diperoleh dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan pembelajaran IPS dengan pemanfaatan lingkungan sekitar dapat meningkat disetiap siklus. Persentase keterampilan guru siklus I rata-rata yakni 60,60 % dengan kriteria cukup dan meningkat pada siklus II rata-rata menjadi 77,27 % dengan kriteria baik. Sedangkan persentase aktivitas belajar aspek afektif siklus I rata-rata klasikal yakni 62,23% dengan kriteria cukup, kemudian meningkat pada siklus II rata-rata klasikal menjadi 78,36% dengan kriteria baik. Persentase aktivitas belajar aspek psikomotorik pada siklus I rata-rata klasikal yakni 66,50% dengan kriteria baik, kemudian meningkat pada siklus II rata-rata klasikal menjadi 78,64% dengan kriteria baik. Persentase ketuntasan hasil belajar aspek kognitif pada prasiklus yakni 47,92% dengan kriteria kurang, kemudian setelah dilakukan penelitian siklus I menjadi 62,50% dengan kriteria cukup dan meningkat pada siklus II menjadi 79,17% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas III SD N 4 Terban Kudus dapat disimpulkan bahwa Pemanfaatan Lingkungan Sekitar dalam pembelajaran mata pelajaran IPS keterampilan guru dan hasil belajar siswa dapat meningkat. Peneliti menyarankan agar guru hendaknya dapat memanfaatkan lingkungan sekitar dalam pembelajaran sebagai sumber belajar dan media belajar, siswa lebih meningkatkan semangat dalam mengikuti pembelajaran, dan pihak sekolah sebaiknya memberikan dukungan dan kesempatan kepada guru dengan mengadakan pelatihan dan menjelaskan program-program pelatihan untuk peningkatan keterampilan guru dalam menguasai metode dan sumber belajar serta media pembelajaran yang ramah lingkungan sehingga mata pelajaran IPS dapat dilaksanakan dengan menyenangkan dan berdasarkan kehidupan yang nyata.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Moh. Kanzunnudin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar IPS, Pemanfaatan Lingkungan Sekitar, Jenis-Jenis Pekerjaan
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 10 Nov 2016 09:04
Last Modified: 10 Nov 2016 09:04
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6233

Actions (login required)

View Item View Item