Peningkatan Kesiapan Kerja Siswa Kelas Xi Tav Smk Wisudha Karya Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Problem Solving

Wati, Endang Kartika (2016) Peningkatan Kesiapan Kerja Siswa Kelas Xi Tav Smk Wisudha Karya Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Problem Solving. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal Judul) - Accepted Version
Download (3MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (381kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (983kB) | Request a copy
[img] PDF (Bba 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (6MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (256kB) | Request a copy
[img] PDF (Bba 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (88kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (132kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan dalam penelitian tindakan bimbingan konseling ini antara lain: 1. Mendeskripsikan tindakan dalam mengupayakan peningkatan kesiapan kerja siswa melalui bimbingan kelompok teknik problem solving pada siswa kelas X TAV SMK Wisudha Karya Kudus tahun pelajaran 2014/2015. 2. Mendeskripsikan aktifitas siswa dalam mengikuti layanan bimbingan kelompok teknik problem solving pada siswa kelas X TAV SMK Wisudha Karya Kudus Tahun pelajaran 2014/2015. 3. Diperoleh peningkatan kesiapan kerja siswa melalui layanan bimbingan kelompok teknik problem solving. Kesiapan kerja siswa adalah suatu kemampuan yang harus dimiliki oleh para siswa untuk dapat langsung bekerja setamat sekolah tanpa memerlukan masa penyesuaian diri yang memakan waktu dalam rangka penciptaan suatu produk atau penambahan nilai suatu sumber daya dengan hasil yang maksimal sesuai dengan target yang telah ditetapkan. Kemampuan tersebut meliputi pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja sesuai dengan standar yang ditetapkan atau biasa disebut dengan kompetensi kerja. Penerapan layanan bimbingan kelompok dengan teknik pemecahan masalah problem solving tecniques, siswa akan diberi layanan sesuai dengan tahapan-tahapan dalam bimbingan kelompok. Penelitian tindakan bimbingan dan konseling ini dilaksanakan melalui dua siklus yang diharapkan dapat meningkatkan kesiapan kerja pada siswa kelas X TAV SMK Wisudha Karya Kudus tahun pelajaran 2014/2015. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini sebagai berikut: 1. Layanan Bimbingan Kelompok dengan teknik problem solving dapat meningkatkan kesiapan kerja pada Siswa Kelas XI TAV SMK Wisudha Karya Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015. 2. Terjadi peningkatan kesiapan kerja siswa Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah, PTBK melalui prosedur tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua tahap (2 siklus). Siswa yang menjadi subjek penelitian ini adalah 9 siswa kelas XI TAV SMK Wisudha Karya Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan pada pra siklus dan siklus II mendapatkan hasil persentase kesiapan kerja siswa pada pra siklus 36% dan siklus II 86%. Dari hasil tersebut maka penelitian meningkatkan kesiapan kerja siswa telah mencapai indikator hasil yaitu “Siswa mendapatkan skor peningkatan kesiapan kerja rata-rata 68% dengan kategori (Baik).” Berdasarkan kesimpulan di atas, peneliti menyampaikan saran sebagai berikut: 1. Kepala sekolah. Dalam penelitian ini menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok teknik problem solving sangat membantu siswa dalam meningkatkan kesiapan kerja siswa, dengan adanya dampak positif dari layanan bimbingan kelompok diharapkan kepala sekolah dapat mendukung adanya layanan bimbingan kelompok di SMK Wisudha Karya Kudus. 2. Guru Pembimbing (Konselor Sekolah) Diharapkan guru pembimbing dapat memaksimalkan layanan bimbingan dan konseling di sekolah, terutama layanan bimbingan kelompok. Agar pelayanan bimbingan dan konseling dapat membantu meningkatkan meningkatkan kesiapan kerja melalui layanan bimbingan kelompok. 3. Siswa. Diharapkan siswa mampu memahami bakat dan minat sebagai salah satu aspek dalam menentukan pekerjaan, siswa juga diharapkan mempersiapkan mental dan fisik yang prima dalam bekerja. 5. Peneliti berikutnya. Diharapkan peneliti selanjutnya dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai acuan untuk memperluas aspek penelitian yang berkaitan dengan kesiapan kerja dan penerapan layanan bimbingan kelompok teknik problem solving yang lebih baik lagi di kemudian hari, kemudian diharapkan peneliti selanjutnya memperdalam teknik problem solving dalam menyelesaikan masalah siswa sehingga tingkat keberhasilan dalam peneliti semakin lebih baik dikemudian hari.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sucipto, M.Pd.,Kons
Uncontrolled Keywords: Kesiapan Kerja, Layanan Bimbingan Kelompok, Problem Solving
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 12 Nov 2016 02:35
Last Modified: 12 Nov 2016 02:35
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6234

Actions (login required)

View Item View Item