Enhancing The Students’ Listening Skillof Recount Text Of Viiib Classof Mts N Winong Pati In The Academic Year 2015/2016 By Using Rider (Read Or Listen, Image, Describe, Evaluate And Repeat) Strategy

Zaenanto, Ahmad (2016) Enhancing The Students’ Listening Skillof Recount Text Of Viiib Classof Mts N Winong Pati In The Academic Year 2015/2016 By Using Rider (Read Or Listen, Image, Describe, Evaluate And Repeat) Strategy. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal Judul) - Accepted Version
Download (445kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (206kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (232kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (259kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (412kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (229kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (224kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar pustaka) - Accepted Version
Download (34kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (303kB) | Request a copy
[img] PDF (Lampiran 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (571kB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Bahasa Inggris adalah salah satu bahasa didunia. Banyak orang di seluruh penjuru dunia mengunakan bahasa inggris termasuk di Indonesia. Kebanyakan orang di Indonesia mempelajari bahasa Inggris melalui pendidikan di sekolah. Di Indonesia, kebanyakan sekolah biasanya menggunakan teks-teks atau ungkapan-ungkapan sebagai bahan materi pembelajaran bahasa Inggris di sekolah. Sehingga siswa dituntut untuk bisa memahami materi tersebut terutama materi yang berkaitan dengan teks. Selanjutnya, kebanyakan sekolah juga membuat tes mendengarkan teks untuk mengukur kemampuan mendengarkan siswa terhadap suatu teks. Teks recount adalah salah satu teks yang harus dipahami oleh siswa. Akan tetapi, banyak siswa yang masih merasa kesulitan dalam memahami teks tersebut. Oleh karena itu, penulis melakukan penelitian ini untuk membantu siswa dalam memahami teks recount. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan apakah RIDER strategy dapat meningkatkan kemampuan mendengarken pada siswa kelas VIII, MTs N Winong Pati tahun pelajaran 2015/2016. Selanjutnya, penulis bermaksud untuk meningkatkan kemampuan mendengarken siswa dengan mengusulkan RIDER sebagai sebuah strategy alternatif dengan kerangka desain yang khusus yang menekankan pada pembelajaran yang melibatkan siswa (siswa harus mengalami pembelajaran secara langsung). Strategy yang digunakan di dalam penelitian ini adalah RIDER dan penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dengan melakukan dua siklus yang di terapkan pada siswa kelas VIII B, MTs N Winong Pati pada tahun pelajaran 2015/2016. Instrumen penelitian yang digunakan oleh penulis adalah lembar observasi dan tes pencapaian untuk mendapatkan data tentang peningkatan kemampuan mendengarkan siswa dari teks recount yang diajar menggunakan RIDER strategy. Berdasarkan hasil dari analisa data penelitian, penulis menemukan bahwa telah terjadi peningkatan kemampuan mendengarkan siswa di tiap siklus di dalam penelitian ini. Di dalam siklus I, nilai rata-rata dari kemampuan mendengarkan siswa terhadap teks recount pada tes pencapaian I adalah 72.65. Hal tersebut berarti bahwa kategori pencapaian pada siklus tersebut masuk dalam kategori bagus. Di dalam siklus II, nilai rata-rata kemampuan mendengarkan siswa pada teks recount di dalam tes pencapaian ke II adalah 81.03. Hal itu berarti bahwa kategori pencapaian pada siklus ke II termasuk pada kategori baik sekali (unggul). Oleh karena itu, penulis berhenti pada proses tindakan di siklus II, karena kemampuan mendengarkan siswa pada teks recount pada siklus ke II telah terjadi peningkatan terhadap siklus pertama yaitu dengan prosentase nilai rata-rata 72.65 % menjadi 81.03%. Hal ini berarti bahwa kemampuan mendengarkan siswa pada teks recount termasuk dalam pencapaian yang sangat baik sekali sehingga terjadi peningkatan pada kemampuan siswa dari siklus I sampai pada siklus II. Dan 32 siswa dinyatakan telah mencapai nilai standard minimal KKM. Sehingga dapat disimpulkan bahwa RIDER strategy dapat meningkatkan kemampuan mendengarkan siswa pada teks recount pada siswa kelas VIII, MTs N Winong Pati tahun pelajaran 2015/2016. Penulis menyimpulkan bahwa RIDER strategy dapat menjadi alternative strategy yang dapat digunakan oleh guru sebagai suatu strategy pembelajaran dalam proses belajar mengajar terutama dalam pengajaran bahasa Inggris untuk meningkatkan kemampuan mendengaran siswa pada teks recount.Kemudian penulis berharap akan ada penelitian selanjutnya tentang penggunaan RIDER strategy sebagai sebuah strategy yang digunakan untuk mengajar bahasa Inggris terutama dalam bidang kemampuan mendengarkan.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Titis Sulistyowati, SS, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Mendengarkan, Teks Recount, RIDER Strategy
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 12 Nov 2016 04:12
Last Modified: 12 Nov 2016 04:12
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6247

Actions (login required)

View Item View Item