Penggunaan Model Pembelajaran Talking Chips (Kancing Gemerincing) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Siswa Kelas V Sd Pelemkerep 02 Mayong Jepara

Rosyadi, Ahmad Irfan (2016) Penggunaan Model Pembelajaran Talking Chips (Kancing Gemerincing) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Siswa Kelas V Sd Pelemkerep 02 Mayong Jepara. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal judul) - Accepted Version
Download (646kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (245kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (361kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (388kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (211kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (102kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (170kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (7MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan Penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, meningkatkan aktivitas belajar siswa, dan pemahaman konsep siswa terhadap pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran Talking Chips pada materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia kelas V SD Pelemkerep 02 Mayong Jepara. ModelTalking Chips adalah teknik pembelajaran yang menggunakan kancing sebagai syarat sebelum memulai pembicaraan atau aktivitas dalam belajar.Pemahaman konsep adalah kemampuan mengungkapkan makna suatu konsep yang meliputi kemampuan membedakan, menjelaskan, menguraikan lebih lanjut, dan mengubah konsep.Merdeka adalah sudahbebas dari perhambaan, penjajahan, berdiri sendiri, tidak terkait, tidak bergantung, lepas dari tuntutan bangsa lain. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus. Penelitian dilaksanakan di SD Pelemkerep 02 Mayong Jepara dengan subjek penelitian dengan jumlah siswa 31 yang terdiri dari 13 siswa perempuan dan 18 siswa laki-laki. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaituPerencanaan,Pelaksanaan,Pengamatan,dan Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi.Analisis data menggunakandata kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan ketuntasan belajar pra siklus sebesar 32,25%, pada siklus I naik menjadi 64,51% dengan siswa yang mencapai pemahaman konsep dengan kategori sangat tinggi 7 siswa, dan pada siklus II naik menjadi 80,7% dengan siswa yang mencapai pemahaman konsep dengan kategori sangat tinggi 9 siswa. Aktivitas belajar siswa aspek afektif klasikal pada siklus I 63,86% dan pada siklus II meningkat menjadi 68,75% dan pada aspek psikomotorik pada siklus I 64,72% dan pada siklus II naik menjadi 69,86% dengan kategori tinggi. Keterampilan guru jugamengalamipeningkatan, siklus I mendapatpresentase 70% dansiklus II mendapatpresentase 80%. Simpulanpadapenelitianiniadalahdenganmenggunakan model pembelajaranTalking Chips dapatmeningkatkanaktivitasbelajarsiswa, keterampilan guru, danpemahamankonseppembelajaran IPS siswa .Sarannyadiharapparapenelitiselanjutnyadapatmengembangkan model pembelajaran yang lain sehinggapemahamankonsepsiswadapatmeningkat.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Masturi, M.M
Uncontrolled Keywords: Talking Chips, Pemahaman Konsep, Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 12 Nov 2016 05:24
Last Modified: 12 Nov 2016 05:24
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6256

Actions (login required)

View Item View Item