Peningkatan Kreativitas Menulis Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Layanan Penguasan Konten Dengan Teknik Sinektiks Siswa Kelas X Multimedia Smk Tamansiswa Kudus

Wikarini, Dyan (2016) Peningkatan Kreativitas Menulis Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Layanan Penguasan Konten Dengan Teknik Sinektiks Siswa Kelas X Multimedia Smk Tamansiswa Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal judul) - Accepted Version
Download (2MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (296kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (5MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (338kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (88kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (88kB) | Tinjau ulang
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan penelitian sebagai berikut: 1. Mendeskripsikan tindakan dalam layanan penguasaan konten dengan teknik sinektiks untuk meningkatkan kreativitas menulis pada pelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas X Multimedia SMK Tamansiswa Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015. 2. Diperoleh peningkatan kreativitas menulis dengan diterapkannya layanan penguasaan konten dengan teknik sinektiks pada siswa kelas X Multimedia SMK Tamansiswa Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015. Kreativitas dapat menjadikan seorang penulis mampu memunculkan ide-ide baru dan mengolah ide itu sehingga menjadi ide yang matang dan utuh. Layanan penguasaan konten dengan teknik sinektiks adalah layanan bantuan oleh individu (sendiri-sendiri ataupun dalam kelompok) untuk menguasai kemampuan atau kompetensi tertentu melalui kegiatan. kemampuan atau kompetensi yang dipelajari itu merupakan konten yang didalamnya terkandung fakta dan data, konsep, hukum dan aturan, nilai, persepsi, afeksi, sikap dan tindakan terkait di dalamnya. Teknik sinektiks model pembelajaran dimaknai sebagai perangkat rencana atau pola yang dapat dipergunakan untuk merancang bahan-bahan pembelajaran serta membimbing aktivitas pembalajaran di kelas atau di tempat-tempat lain yang melaksanakan aktivitas-aktivitas pembelajaran dalam meningkatkan kreativitas menulis pada pelajaran bahasa Indonesia. Hipotesis tindakan yang peneliti ajukan adalah: 1. Layanan penguasaan dengan teknik sinektik dapat meningkatkan kreativitas menulis pada pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas X Multimedia SMK Tamansiswa Tahun Pelajaran 2014/2015. 2. Kreativitas dalam menulis dapat ditingkatkan melalui layanan penguasaan konten dengan teknik sinektik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah, PTBK melalui prosedur tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua tahap (2 siklus). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara. Analisis data deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian kreativitas menulis siswa pada pra siklus diketahui skor rata-rata 18 (35%) kategori (Kurang) dengan keterangan 14 siswa kategori (Kurang) dan 19 siswa kategori (Sangat kurang). Pada siklus I diketahui skor rata-rata 31 (62%) kategori (Cukup), dengan keterangan 9 siswa kategori (Baik), 23 siswa kategori (Cukup) dan 1 siswa kategori (Kurang), pada siklus II skor rata-rata siswa 45 (89%) kategori (Sangat Baik), dengan keterangan 29 siswa kategori (Sangat Baik) dan 4 siswa kategori (Baik). Berdasarkan hasil penelitian peneliti menyampaikan saran sebagai berikut: 1. Bagi Kepala Sekolah. Dalam penelitian ini menunjukan bahwa layanan penguasaan konten sangat membantu kreativitas siswa. Dengan adanya peningkatan kreativitas menulis siswa dari layanan penguasaan konten teknik sinektiks ini diharapkan kepada sekolah menggunakan sebagai dasar kebijakan yang mendukung pelaksanaan program bimbingan dan konseling di sekolah. 2. Bagi Guru Bahasa Indonesia. Diharapkan guru pelajaran bahasa Indonesia menggunakan alternativ model pembelajaran dalam memberikan pelajaran di kelas, dan menyesuaikan tingkat perkembangan siswa. 3. Bagi Guru Pembimbing. Diharapkan guru BK dapat memaksimalkan pelayanan bimbingan dan konseling di sekolah, terutama layanan layanan penguasaan konten. Agar pelayanan bimbingan dan konseling dapat membantu siswa yang belum mencapai indikator keberhasilan dengan konseling perorangan atau layanan lain yang sesuai. 4. Bagi Siswa. Diharapkan siswa lebih memiliki motivasi dalam menulis serta mampu menuangkan ide dan gagasan pikiran dalam bentuk tulisan. 5. Bagi Peneliti selanjutnya. Diharapkan peneliti dapat menambahkan pengalaman dan keterampilan cara meningkatkan kreativitas menulis siswa melalui pemberian layanan penguasan konten teknik sinektiks sehingga peneliti lebih kreatif dan inovatif dalam pemberian layanan bimbingan dan konseling.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Sumarwiyati, M.Pd.,Kons
Uncontrolled Keywords: Kreativitas Menulis pada Pelajaran Bahasa Indonesia, Layanan Penguasaan Konten Teknik Sinetiks
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 12 Nov 2016 05:39
Last Modified: 12 Nov 2016 05:39
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6258

Actions (login required)

View Item View Item