Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Media Papan Flanel Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Iv Sd 4 Kandangmas

Rindiyanti, Iis (2016) Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Media Papan Flanel Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Iv Sd 4 Kandangmas. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal Judul) - Accepted Version
Download (633kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (253kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (377kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (618kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (260kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (171kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (169kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (8MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui keterampilan guru dalam menerapkan model pembelajaran Make a Match berbantuan media papan flanel dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi Kegiatan Ekonomi Berdasarkan Potensi Daerah, (2) mengetahui penerapan model pembelajaran peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Make a Match dan media papan flanel dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi Kegiatan Ekonomi Berdasarkan Potensi Daerah. Make a Match adalah model pembelajaran yang menerapkan langkah mencari pasangan kartu yang berupa kartu pertanyaan dan kartu jawaban. Sedangkan Papan Flanel adalah media berupa papan yang dilapisi kain flanel. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD 4 Kandangmas dengan subjek penelitian 18 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model Make a Match. Sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan yakni lembar observasi guru dan hasil belajar siswa ranah afektif dan psikomotorik, pedoman wawancara, dokumentasi dan soal tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan guru dalam mengajar dari rata-rata 71% dengan kriteri baik pada siklus I menjadi 90% dengan kriteria sangat baik pada siklus II. Adanya peningkatan hasil belajar ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. 1) Peningkatan hasil belajar ranah kognitif dilihat dari peningkatan rata-rata kelas pada siklus I 72% pada siklus I menjadi 89% pada siklus II. 2) Peningkatan hasil belajar siswa ranah afektif dari rata-rata 75% dengan kriteria baik pada siklus I menjadi 80% dengan kriteria baik pada siklus II. 3) Peningkatan hasil belajar ranah psikomotorik dari rata-rata 76% dengan kriteria baik pada siklus I menjadi 80% dengan kriteria baik pada siklus II. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Make a Match berbantuan media papan flanel dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD 4 Kandangmas. Peneliti menyampaikan beberapa saran sebagai berikut. 1) Siswa dapat menggunakan media papan flanel untuk kegiatan pembelajaran IPS agar lebih mudah memahami materi pelajaran dan hasil belajarnya. 2) Alokasi waktu pada setiap langkah pembelajaran Make a Match berbantuan media papan flanel harus lebih diperhatikan lagi oleh guru khususnya dalam menyampaiakan materi pembelajaran supaya kegiatan pembelajaran dapat berlangsung secara optimal 3) Sekolah hendaknya memberikan kebijakan penyediaan sarana yang dapat mendukung proses pembelajaran dengan baik.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sucipto, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Make a Match, Papan Flanel, Hasil Belajar IPS
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 12 Nov 2016 05:51
Last Modified: 12 Nov 2016 05:51
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6261

Actions (login required)

View Item View Item