Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Untuk Peningkatakan Hasil Belajar Ips Pada Siswa Kelas Iv Sd 2 Kirig Mejobo Kudus

Hapsari, Leni Dwi (2016) Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Untuk Peningkatakan Hasil Belajar Ips Pada Siswa Kelas Iv Sd 2 Kirig Mejobo Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Unversitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal judul) - Accepted Version
Download (795kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (235kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (497kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (573kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (298kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (169kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (226kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (6MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) peningkatan keterampilan guru pada pembelajaran IPS materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi setelah diterapkannya model Make A Match siswa kelas IV SD 2 Kirig Mejobo Kudus; dan (2) menemukan peningkatan hasil belajar IPS materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi melalui model Make A Match siswa kelas IV SD 2 Kirig Mejobo Kudus. Hasil belajar IPS merupakan kemampuan yang diperoleh individu setelah proses belajar berlangsung, yang dapat memberikan perubahan tingkah laku baik pengetahuan, pemahaman, sikap dan keterampilan siswa sehingga menjadi lebih baik dari sebelumnya. Make A Match adalah teknik mencari pasangan, siswa mencari pasangan dari jawaban kartu yang mereka pegang. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penggunaan model Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi bagi siswa kelas IV SD 2 Kirig Mejobo Kudus. Penelitian tindakan kelas akan dilaksanakan di kelas IV SD 2 Kirig dengan subjek penelitian guru kelas IV dan siswa kelas IV yang berjumlah 14 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus dengan setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Variabel bebas adalah model Make A Match dan variabel terikat yaitu hasil belajar IPS. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan keterampilan mengajar guru pada pertemuan I memperoleh skor 81 dengan presentase 81% (baik) dan pertemuan II memperoleh skor 85 dengan presentase 85% (sangat baik). Adapun pada siklus II, hasil observasi keterampilan guru (peneliti) pada pertemuan I memperoleh skor 89 dengan presentase 89% (sangat baik) dan II memperoleh skor 95 dengan presentase 95% (sangat baik). Ketuntasan nilai hasil belajar IPS siswa kelas IV pada materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi yang cukup signifikan antara siklus I (64%), dan siklus II (93%), didukung dengan peningkatan ranah afektif siswa pada siklus I 55% (cukup) menjadi 80% (baik) siklus II serta ranah psikomotorik siswa pada siklus I 62% (cukup) menjadi 79% (baik). Hal itu membuktikan bahwa penggunaan model pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada materi perkembangan teknologi, produksi, dan komunikasi kelas IV SD 2 Kirig Mejobo Kudus. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 2 Kirig dapat disimpulkan bahwa penerapan model Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa pada materi perkembangan teknologi, produksi, komunikasi kelas IV SD 2 Kirig Mejobo Kudus. Saran bagi guru dalam menerapkan model Make A Match harus memberi pertanyaan-pertanyaan yang mengarah pada penemuan konsep.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Moh. Kanzunnudin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Make A Match, Hasil Belajar IPS, Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi dan Transportasi
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 14 Nov 2016 01:34
Last Modified: 14 Nov 2016 01:34
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6270

Actions (login required)

View Item View Item