Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Materi Struktur Bumi Di Kelas V Sd 4 Terban Menggunakan Model Savi

Ulya, Lutfi Kharisma (2016) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Materi Struktur Bumi Di Kelas V Sd 4 Terban Menggunakan Model Savi. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal judul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (261kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (498kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (177kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (37kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (189kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (6MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA materi struktur bumi pada kelas V menggunakan model SAVI (Somatis, Auditori, Visual dan Intellectual), untuk meningkatkan kreativitas guru dalam mengajar dan aktivitas siswa pada mata pelajaran IPA materi struktur bumi kelas V. Pada penelitian ini kajian pustaka yang dibahas yaitu hasil belajar dan model pembelajaran SAVI (Somatis, Auditori, Visual dan Intellectual). Belajar bisa dipahami sebagai proses aktif internal individu dimana melalui pengalaman-pengalamannya berinteraksi dengan lingkungan menyebabkan terjadinya perubahan tingkah laku yang relatif permanen. Hasil belajar merupakan perubahan yang mengakibatkan manusia berubah dalam sikap dan tingkah lakunya.SAVI (Somatis, Auditori, Visual dan Intellectual) merupakan pembelajaran yang menekankan bahwa belajar haruslah memanfaatkan semua alat indra yang dimiliki siswa dengan cara menggabungkan gerakan fisik dengan aktivitas intelektual dan penggunaan semua alat indera. Unsur-unsur yang terdapat dalam SAVI adalah somatis, auditori, visual dan intellectual. Keempat unsur ini harus ada dalam pembelajaran, sehingga belajar menjadi optimal. Pada penelitian ini peneliti memilih Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur kerja pada penelitian tindakan kelas ini terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD 4 Terban dengan jumlah siswa 31 yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus di antaranya siklus I dengan 2 pertemuan dan siklus II dengan 2 pertemuan. Penelitian ini menggunakan beberapa teknik pengumpulan data di antaranya, tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi serta menggunakan teknik analisis data yang berupa teknik analisis data kuantitatif dan teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model SAVI (Somatis, Auditori, Visual dan Intellectual) dapat meningkatkan kreativitas guru danhasil belajar IPA. Keterampilan guru meningkat cukupsignifikan antara hasil siklus I (79,16%) dan siklus II (87,49%). Hasil belajar siswa pada ranah kognitif juga meningkat cukupsignifikan antara prasiklus (35,00%), siklus I (58,00%), dan siklus II (81,00%), didukung dengan hasil belajar siswa pada ranah afektif dan psikomotorik. Pada ranah afektif danpsikomotorikdari persentase siklus I (74,64%) menjadi (79,43%) di siklus II. Simpulan dalam penelitian ini yakni penggunaan model SAVI (Somatis, Auditori, Visual dan Intellectual) dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar IPA siswa ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik pada kelas V SD 4 Terban Kudus. Untuk itu disarankan dalam menerapkan model SAVI (Somatis, Auditori, Visual dan Intellectual), guru harus memperhatikan karakteristik siswa dan perkembangan siswa agar tidak bosan, siswa yang belum tuntas hendaknya mau belajar lebih giat lagi, dan bagi sekolah perlu menindaklanjuti dan memakai model SAVI (Somatis, Auditori, Visual dan Intellectual) pada mata pelajaran yang lain dengan memperhatikan karakteristik siswa, materi, dan juga proses pembelajaran.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Murtono, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model SAVI.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 14 Nov 2016 02:31
Last Modified: 14 Nov 2016 02:31
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6276

Actions (login required)

View Item View Item