Peningkatan Kecerdasan Musikal Melalui Layanan Penguasaan Konten Teknik Modeling Simbolik Pada Siswa Kelas Xi B Tkj Smk Mambaul Falah Kudus

Widodo, Arif Agus (2016) Peningkatan Kecerdasan Musikal Melalui Layanan Penguasaan Konten Teknik Modeling Simbolik Pada Siswa Kelas Xi B Tkj Smk Mambaul Falah Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal judul) - Accepted Version
Download (2MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (300kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (951kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (6MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (298kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (127kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (90kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan penelitian sebagai berikut: 1. Mendeskripsikan penerapan layanan penguasaan konten dengan teknik modeling simbolik untuk meningkatkan kecerdasan musikal pada siswa kelas XIB TKJ SMK Mambaul Falah Piji Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2015/2016. 2. Mendeskripsikan peningkatan kecerdasan musikal kelas XIB TKJ SMK Mambaul Falah Piji Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2015/2016. Kecerdasan musikal adalah kecerdasan bagian dari kecerdasan jamak yang berkaitan dengan kepekaan mendengarkan suara musik dan suara lainnya. Kemunculan kecerdasan ini dapat dilihat dari kemampuan dalam menghasilkan dan mengapresiasi ritme dan musik yang dapat diwujudkan dalam kemampuan mempersepsikan. Layanan penguasaan konten dengan teknik modeling simbolik dapat diasumsikan untuk meningkatkan kecerdasan musikal. Melalui layanan bimbingan kelompok siswa dapat berinteraksi untuk menyampaikan ide, gagasan, dan pendapatnya dalam kelompok. Teknik modeling simbolik digunakan untuk membantu siswa yang memiliki kecerdasan musikal rendah. Hipotesis penelitian: 1. Keterampilan peneliti dalam layanan penguasaan konten teknik modeling simbolik dapat meningkatkan kecerdasan musikal pada siswa kelas XIB SMK Mambaul Falah Piji Dawe Kudus. 2. Kecerdasan musikal dapat ditingkatkan melalui layanan penguasaan konten teknik modeling simbolik. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling dengan subjek penelitian siswa kelas XIB SMK Mambaul Falah Piji Dawe Kudus. Variabel (X) adalah layanan penguasaan konten dengan teknik modeling simbolik. Variabel (Y) adalah kecerdasan musikal. Teknik pengumpulan data menggunakan: Observasi dan wawancara. Dalam penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan enam kali pertemuan. Analisis data dalam penelitian analisis data kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian kondisi kecerdasan musikal siswa kelas XIB SMK Mambaul Kudus diketahui skor rata-rata pada pra siklus 13,2 (26%) kategori (Sangat kurang), pada siklus I kondisi kecerdasan musikal siswa meningkat menjadi 25,5 (51%) kategori (Cukup), pada siklus II kondisi kecerdasan musikal siswa meningkat menjadi 41,9 (84%) (Sangat Baik). Maka hipotesis penelitian diterima karena telah mencapai indikator keberhasilan. Saran yang disampaikan dalam penelitian ini antara lain: 1. Kepala sekolah: Kepala sekolah diharapkan dapat menggunakan hasil penelitian sebagai masukan dalam mengoptimalkan fungsi guru pembimbing di SMK Mambaul Falah khusunya dalam pelaksanaan layanan penguasaan konten dengan teknik modeling simbolik. 2. Guru pembimbing: Guru pembimbing diharapkan dapat menggunakan hasil penelitian sebagai acuan dalam pelaksanaan layanan penguasaan konten dengan teknik modeling simbolik pada proses pemberian layanan bimbingan dan konseling di sekolah. 3. Guru mata pelajaran seni budaya: Guru Mata Pelajaran Seni Budaya diharapkan mampu untuk menggunakan teknik pembelajaran yang sesuai dengan kompetensi dasar pembelajaran dan mempertimbangkan penggunaan media dalam proses belajar agar siswa lebih antusias dan mampu memahami materi yang disampaikan dengan baik dan bagi siswa yang belum mencapai indikator keberhasilan diberikan pelatihan atau remedial dalam pembelajaran. 4. Siswa: Siswa diharapkan lebih mengasah kemampuan dasar musikal yang dimiliki sebagai pengasah kecerdasan yang lebih komplek seperti kecerdasan linguistik, matematis, musikal, interpersonal dan intrapersonal. 5. Penelitian selanjutnya: Peneliti selanjutnya diharapkan dapat lebih memahami konsep penerapan modeling simbolik untuk memberikan layanan kepada peserta didik agar penerapan teknik modeling simbolik dapat berjalan secara konseptual dan sistematis.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Sucipto, M.Pd, Kons
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Musikal, Layanan Penguasaaan Konten, Modeling Simbolik
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 14 Nov 2016 03:10
Last Modified: 14 Nov 2016 03:10
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6279

Actions (login required)

View Item View Item