Peningkatan Pemahaman Konsep Ips Materi Proklamasi Kemerdekaan Melalui Cooperative Learning Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas V Sd Negeri Krandan Kecamatan Trangkil Pati

Listyani, Ferra (2016) Peningkatan Pemahaman Konsep Ips Materi Proklamasi Kemerdekaan Melalui Cooperative Learning Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas V Sd Negeri Krandan Kecamatan Trangkil Pati. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal judul) - Accepted Version
Download (477kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (239kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (603kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (886kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (176kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (105kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (183kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (5MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep belajar IPS siswa kelas V dalam belajar IPS materi Proklamasi Kemerdekaan melalui pemebelajaran Cooperatif Learning tipe Jigsaw serta meningkatkan keterampilan guru dalam mengajar IPS kelas V materi Proklamasi Kemerdekaan. Pemahaman konsep IPS memaknai, menjelaskan dan mereoraganisasikan serta dapat mengeksporasikan.Cooperative tipe Jigsaw merupakan pembelajaran kelompok yang mengkaitkan dengan adanya tim ahli, yang mempunyai tanggung jawab untuk memahami materi yang didapat untuk disalurkan kekelompok asal. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur kerja dalam penelitian tindakan kelas ini terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas V SD N Krandan kecamatan Trangkil Kabupaten Pati yang berjumlah 18 siswa, yang terdiri dari 4 siswa perempuan dan 14 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, ada empat yaitu wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tehnik analisis data kualitatif dan tehnik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan Cooperative Learning tipe Jigsaw dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran di dalam kelas serta menigkatkan pemahaman konsep belajar IPS siswa. Hal ini dapat dilihat dari terpenuhinya indikator keberhasilan sebagai berikut. (1) peningkatan Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I ke Siklus II meningkat dari rata-rata 70,5% dengan kualifikasi baik menjadi 83% denagn kualifikasi sangat baik. (2) Aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh rata-rata 58,7% meningkat pada siklus II menjadi 62,8% dengan kriteria tinggi. (3) Peningkatan pemahaman konsep belajar IPS pada siklus I ke siklus II meningkat dari rata-rata 44.4% dengan kriteria sedang menjadi 83,5% dengan kriteria sangat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada siswa kelas V SDN Krandan Trangkil Pati dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Jigsaw dapat meningkatkan pemahaman konsep belajar IPS siswa kelas V materi Proklamasi Kemerdekaan SDN Krandan Trangkil Pati. Untuk itu disarankan dalam menerapkan model Cooperative Learning tipe Jigsaw hendaknya menumbuhkan kreatifitas, minat dan motivasi siswa dalam proses pembelajaran agar pembelajaran menjadi lebih aktif dan menyenangkan.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Sumarwiyah, M.Pd, Kons
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Kosep IPS, Model Jigsaw
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 15 Nov 2016 08:27
Last Modified: 15 Nov 2016 08:27
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6306

Actions (login required)

View Item View Item