Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas Iv Sd 4 Dersalam Kudus

Fitria, Ayuk (2016) Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas Iv Sd 4 Dersalam Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal judul) - Accepted Version
Download (686kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (72kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (150kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (144kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (42kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (31MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, mendiskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa, dan menemukan peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD 4 Dersalam Kudus melalui model pembelajaran Think Pair Share pada mata pelajaran PKn materi Globalisasi. Model pembelajaran Think Pair Sharemerupakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar PKn materi Globalisasi siswa kelas IV SD 4 Dersalam. Hasil belajar adalah perubahan tingkah laku secara keseluruhan setelah melakukan pembelajaran yang bersifat kognitif, afektif, dan psikomotorik. Hipotesis tindakan dalam penelitian adalah dengan menerapkan model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, dan hasil belajar siswa kelasIV SD 4 Dersalam Kudus pada mata pelajaran PKn materi Globalisasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SD 4 Dersalam Kecamatan Bae Kudus dengan subjek penelitianpeneliti sebagai guru dan 18 siswa kelas IV. Penelitian berlangsung selama dua siklus, pada setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus meliputi 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model pembelajaran Think Pair Share. Sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar Pkn. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data deskriptif. Hasil penelitian keterampilan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran pada siklus I memperoleh persentase 77.92% dengan kualifikasi baik, dan meningkat pada siklus II menjadi 86.25% dengan kualifikasi sangat baik. Aktivitas belajar siswa ranah afektif pada siklus I memperoleh persentase 75.54% dengan kualifikasi baik, dan meningkat pada siklus II menjadi 78.41% dengan kualifikasi baik. Aktivitas belajar siswa ranah psikomotorik pada siklus I memperoleh persentase 75.98% dengan kualifikasi baik, dan meningkat pada siklus II menjadi 78.24% dengan kualifikasi baik. Hasil belajar siswa ranah kognitif pada siklus I memperoleh ketuntasan klasikal sebesar 72.22% dengan kualifikasi baik, dan meningkat pada siklus II menjadi 83.33% dengan kualifikasi baik. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dapat disimpulakan bahwa penerapan model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, meningkatkan aktivitas belajar siswa, serta meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SD 4 Dersalam. Guna menerapkan model pembelajaran Think Pair Share, guru harus memperhatikan karakteristik dan perkembangan siswa agar sesuai dengan tindakan yang harus digunakan untuk menciptakan kualitas belajar siswa. Bagi sekolah perlu menindaklanjuti dan menerapkan model pembelajaran Think Pair Share pada mata pelajaran yang sesuai dengan materi, dan karakteristik siswa.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Murtono, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Think Pair Share, Hasil Belajar PKn
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 15 Nov 2016 08:37
Last Modified: 15 Nov 2016 08:37
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6308

Actions (login required)

View Item View Item