Peningkatan Hasil Belajar Ips Melalui Penerapan Model Think Pair Share (Tps) Berbantuan Media Lagu Pembelajaran Pada Siswa Kelas V Di Sdn 02 Tumpang Krasak Kabupaten Kudus

Husna, Yusriana (2016) Peningkatan Hasil Belajar Ips Melalui Penerapan Model Think Pair Share (Tps) Berbantuan Media Lagu Pembelajaran Pada Siswa Kelas V Di Sdn 02 Tumpang Krasak Kabupaten Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal judul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (219kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (422kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (791kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (287kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (102kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (235kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran ) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (20MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran IPS dengan menerapkan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) berbantuan media lagu pembelajaran dan mengetahui peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 02 Tumpang Krasak setelah diterapkannya model pembelajaran Think Pair Share (TPS) berbantuan media lagu pembelajaran. Hasil belajar adalah perubahan atau kemampuan baru yang diperoleh siswa yang meliputi tiga aspek yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik selama berlangsungnya proses belajar mengajar atau biasa disebut pembelajaran. Model Think Pair Share merupakan variasi suasana diskusi kelas yang memberikan waktu pada siswa untuk berfikir, merespon, dan saling membantu yang bertujuan untuk membentuk pola interaksi siswa, dan memungkinkan siswa untuk bekerja sendiri dan bekerja sama dengan orang lain. Adapun langkah model Think Pair Share sebagai berikut: 1) Siswa ditempatkan dalam kelompok-kelompok. Setiap kelompok terdiri dari empat anggota, kemudian guru memberikan tugas pada setiap kelompok dan masing-masing anggota memikirkan dan mengerjakan tugas tersebut sendiri-sendiri terlebih dahulu (Think); 2) Kelompok membentuk anggota-anggotanya secara berpasangan. Setiap pasangan mendiskusikan hasil pekerjaan individunya (Pair); 3) Kedua pasangan lalu bertemu kembali dalam kelompoknya masing-masing untuk menshare hasil diskusinya (Share). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari dengan empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN 02 Tumpang Krasak dengan subjek penelitian 21 siswa. Variabel bebas adalah model Think Pair Share (TPS) berbantuan media lagu pembelajaran. Sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar IPS. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan model Think Pair Share berbantuan Media Lagu Pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan guru mengelola pembelajaran dan hasil belajar IPS siswa. Hal ini dapat dilihat dari terpenuhinya indikator keberhasilan sebagai berikut. (1) Peningkatan keterampilan guru mengelola pembelajaran pada siklus I ke siklus II meningkat dari rata-rata 72% kategori tinggi menjadi 79% kategori tinggi (2) Hasil belajar siswa ranah kognitif pada siklus I memperoleh rata-rata 71,9 meningkat pada siklus II menjadi 77,86 dari ketuntasan klasikal yang telah ditetapkan yaitu 75% (3) Hasil belajar siswa ranah afektif pada siklus I memperoleh rata-rata persentase 73,46% dengan dengan kategori baik meningkat pada siklus II menjadi 82,86% kategori baik (4) Hasil belajar siswa ranah psikomotorik pada siklus I memperoleh rata-rata persentase 72,02% kategori baik meningkat pada siklus II menjadi 80,95% kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SDN 02 Tumpang Krasak dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Pair Share berbantuan media media lagu pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa pada materi proklamasi kemerdekaan Indonesia kelas V SDN 02 Tumpang Krasak. Untuk itu disarankan dalam menerapkan model model pembelajaran Think Pair Share berbantuan media lagu pembelajaranguru hendaknya lebih menumbuhkan kreatifitas, minat, dan motivasi siswa dalam proses pembelajaran agar pembelajaran menjadi lebih aktif dan menyenangkan.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Ika Oktavianti, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar IPS,Think Pair Share (TPS), Lagu Pembelajaran.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 17 Nov 2016 07:07
Last Modified: 17 Nov 2016 07:07
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6331

Actions (login required)

View Item View Item