Penerapan Model Think Pair Share Berbantuan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Pada Materi Sifat-Sifat Bangun Datar

Khafidhoh, Nurul (2016) Penerapan Model Think Pair Share Berbantuan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Pada Materi Sifat-Sifat Bangun Datar. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal judul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (238kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (660kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (486kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (191kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (99kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (228kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (11MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan peningkatan pemahaman konsep matematika pada materi sifat-sifat bangun datar melalui model Think Pair Share berbantuan media puzzle (2) mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa pada materi sifat-sifat bangun datar melalui penerapan model Think Pair Share berbantuan media puzzle (3) mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada materi sifat-sifat bangun datar melalui penerapan model Think Pair Share berbantuan media puzzle. Model Think Pair Share adalah suatu model pembelajaran yang mempunyai 3 tahap yaitu “think” artinya berpikir maksudnya siswa berpikir mengenai pertanyaan yang diberikan guru; “pair” artinya berpasangan maksudnya siswa berpasangan untuk mendiskusikan pertanyaan; dan terakhir “share” artinya mengemukakan maksudnya siswa mempresentasikan atau mengemukakan hasil diskusi. Mediapuzzle adalah sebuah alat pembelajaran yang berupa permainan menyusun potongan-potongan gambar bangun datar yang akhirnya membentuk sebuah pola gambar yang utuh. Pemahaman konsep adalah sebuah kemampuan untuk mendefinisikan konsep secara verbal dan tertulis; mengidentifikasi; menggunakan model, diagram, dan simbol-simbol untuk mempresentasikan suatu konsep; mengubah suatu bentuk presentasi ke dalam bentuk lain; mengenal berbagai makna dan interpretasi konsep; mengidentifikasi sifat-sifat suatu konsep dan mengenal syarat yang menentukan suatu konsep; membandingkan dan membedakan konsep-konsep. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SDN 2 Karangnongko dengan subjek penelitian 14 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Variabel bebas dari penelitian ini yaitu Model Think Pair Share berbantuan media puzzle. Variabel terikatnya adalah pemahaman konsep matematika. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan dua teknik yaitu tes dan non tes. Untuk tes berupa tes tertulis. Teknik non tes yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep matematika dari rata-rata 71,4% pada siklus I menjadi 85,7% pada siklus II. Adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dari rata-rata 67,5% dengan kriteria baik pada siklus I menjadi 81% dengan kriteria baik pada siklus II. Adanya peningkatan keterampilan guru dari rata-rata 75% dengan kriteria baik pada siklus I menjadi 84,87% dengan kriteria baik pada siklus II. Simpulan dari penelitian ini adalah model Think Pair Share berbantuan media puzzle dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika dan aktivitas belajar siswa kelas V SDN 2 Karangnongko, serta keterampilan guru pada materi sifat-sifat bangun datar. Peneliti menyampaikan beberapa saran sebagai berikut: (1) guru hendaknya menerapkan model Think Pair Share dalam pembelajaran khususnya materi sifat-sifat bangun datar sebagai salah satu alternatif model pembelajaran; (2) pada saat mengikuti pembelajaran sebaiknya siswa melaksanakannya dengan sungguh-sungguh; (3) sekolah hendaknya memberikan kesempatan dan fasilitas bagi guru untuk memahami, menerapkan, dan mengembangkan model pembelajaran yang bervariasi; (4) bagi peneliti lain, sebaiknya mengadakan penelitian lebih lanjut mengenai sejauh mana keberhasilan model Think Pair Share dengan perlakuan pada subjek, tempat penelitian, dan mata pelajaran yang berbeda.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Murtono, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Think Pair Share, Puzzle, Pemahaman Konsep Matematika.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 17 Nov 2016 08:47
Last Modified: 17 Nov 2016 08:47
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6347

Actions (login required)

View Item View Item