Penerapan Model Picture And Picture Untuk Peningkatkan Hasil Belajar Ips Materi Perkembangan Teknologi Kelas Iv 1 Samirejo Kudus

Anwar, Habib (2016) Penerapan Model Picture And Picture Untuk Peningkatkan Hasil Belajar Ips Materi Perkembangan Teknologi Kelas Iv 1 Samirejo Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal judul) - Accepted Version
Download (575kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (223kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (339kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (583kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (294kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (200kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (132kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (7MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru dan hasil belajar dalam pembelajaran IPS materi perkembangan teknologi dengan diterapkannya model Picture and picture pada siswa kelas IV SD 1 Samirejo. Hasil belajar adalah perubahan yang terjadi pada diri siswa dari hasil kegiatan belajar yang telah dilakukan. IPS merupakan cabang ilmu pengetahuan yang diorganisasikan, disajikan secara ilmiah dan psikologis untuk tujuan pendidikan dan merupakan integrasi atau penyatuan dari ilmu-ilmu sosial dan humaniora, serta kegiatan dasar manusia. Kajian materinya adalah perkembangan teknologi yaitu alat yang dapat memberi pengaruh pada kemampuan manusia untuk mengubah sesuatu yang ada disekitarnya.Model Picture and Picture atau strategi pembelajaran yang menggunakan gambar sebagai media pembelajaran. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari 2 siklus, masing-masing tiap siklus adalah 2 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan 21 siswa kelas IV SD 1 Samirejo. Instrumen penelitian yang digunakan berupa pedoman wawancara, lembar soal, pedoman observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan yaitu keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran siklus I 68,75% (baik), siklus II 86,25% (sangat baik) dan hasil belajar IPS pada materi perkembangan teknologi pada ranah kognitif pra siklus (53%), siklus I (71%), siklus II menjadi (88,55%) serta hasil belajar ranah afektif siklus I 66% (baik) menjadi 81% (sangat baik) pada siklus II, hasil belajar ranah psikomotorik siklus I 65% (baik) menjadi (83,75%) (sangat baik) pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 1 Samirejo dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Picture and Picturedapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi perkembangan teknologi kelas IV SD 1 Samirejo. Peneliti menyarankan dalam pembelajaran menggunakan model Picture and Picture, siswa hendaknya lebih berpartisipasi aktif dan memusatkan perhatian selama kegiatan pembelajaran di kelas.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Moh Kanzunnudin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar IPS, Perkembangan Teknologi, Picture and Picture.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 21 Nov 2016 02:52
Last Modified: 21 Nov 2016 02:52
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6385

Actions (login required)

View Item View Item