Penerapan Model Team Assisted Individualization Berbantuan Media Manipulatif Untuk Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Materi Bangun Ruang Pada Siswa Kelas Iv Sd 2 Pasuruhan Lor Kudus

Kaidah, Sri Dzul (2016) Penerapan Model Team Assisted Individualization Berbantuan Media Manipulatif Untuk Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Materi Bangun Ruang Pada Siswa Kelas Iv Sd 2 Pasuruhan Lor Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal judul) - Accepted Version
Download (815kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (170kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (244kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (106kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (212kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (153kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran ) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (5MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk menjelaskan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika dengan diterapkanya model Team Assisted Individualization (TAI) Berbantuan Media Manipulatif materi Bangun Ruang pada siswa kelas IV SD 2 Pasuruhan Lor. Pemahaman konsep matematika adalah kemampuan siswa dalam belajar matematika untuk memahami definisi, memaknai suatu konsep, dan menjelaskan suatu konsep secara baik dan benar. Model Team Assisted Individualization merupakan sebuah program pedagogik yang berusaha mengadaptasikan pembelajaran dengan perbedaan individu secara akademik. Media manipulatif merupakan media yang digunakan untuk memberikan pemahaman tentang bangun ruang dengan berupa benda fisik yang dapat dimanipulasi yang dapat memodelkan dan memperagakan konsep serta proses matematika pada materi bangun ruang. Pada penelitian ini peneliti menggunakan media manipulatif yang terbuat dari kertas karton. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah Penerapan Model Team Assisted Individualization (TAI) Berbantuan Media Manipulatif untuk Meningkatan Pemahaman Konsep Matematika Materi Bangun Ruang Pada Siswa Kelas IV. Penelitian Tindakan Kelas ini akan dilaksanakan dikelas IV SD 2 Pasuruhan Lor dengan subjek penelitian 28 siswa. Penelitian ini akan berlangsung selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Variabel bebas adalah model Team Assisted Individualization (TAI) Berbantuan Media Manipulatif. Sedangkan variabel terikat adalah kemampuan pemahaman konsep matematika. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yakni analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini yakni (1) pemahaman konsep matematika siswa mengalami peningkatan dari 32,93% pada prasiklus menjadi 72,85% pada siklus I dan 85,49% pada siklus II, (2) pada siklus I rata-rata aktivitas belajar siswa yakni 3,06 (baik) dan pada siklus II meningkat menjadi 3,10 (baik), (3) pada siklus I rata-rata skor keterampilan guru dalam pengelolaan kelas yakni 3,06 (baik) sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 3,26 (sangat baik). Berdasarkan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa model Team Assisted Individualization berbantuan media Manipulatif dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti dapat memberikan saran bahwa model Team Assisted Individualizationdijadikan alternatif model pembelajaran matematika karena dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika, aktivitas siswa dan juga keterampilan guru dalam pengelolaan kelas. Selain itu, dengan menggunakan model Team Assisted Individualization berbantuan media Manipulatif siswa juga lebih dapat memahami materi dengan baik terutama materi bangun ruang.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Moh. Kanzunnudin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Team Assisted Individualization, Media Manipulatif, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika, Bangun Ruang.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 22 Nov 2016 06:02
Last Modified: 22 Nov 2016 06:02
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6394

Actions (login required)

View Item View Item