Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Media Benda Tiruan Untuk Peningkatkan Hasil Belajar Ips Kelas V Sd

Widiastutik, Anik (2016) Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Media Benda Tiruan Untuk Peningkatkan Hasil Belajar Ips Kelas V Sd. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal judul) - Accepted Version
Download (478kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (170kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (244kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (106kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (185kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (153kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar IPS siswa kelas V SD N Galiran yang rendah dikarenakan siswa jenuh, kurang termotivasi dan sulit dalam memahami materi pembelajaran. Proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru belum menggunakan model pembelajaran yang inovatif. Penelitian bertujuan untuk (1) Mengetahui keterampilan guru dalam pembelajaran IPS materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, (2) Mengetahui hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada siswa kelas V SD N Galiran. Think Pair Share adalah suatu model pembelajaran yang efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa karena siswa dituntut untuk melakukan aktivitas yang lebih banyak saat belajar serta memberikan kesempatan kepada siswa untuk bekerja sendiri serta bekerja sama dengan orang lain. Sedangkan benda tiruan adalah media berupa tiruan dari benda aslinya. Hasil belajar IPS merupakan perubahan perilaku yang dialami oleh siswa dalam aspek afektif, psikomotorik dan kognitif setelah melakukan kegiatan belajar IPS. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing tiap siklus adalah 2 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD N Galiran Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati yang terdiri dari 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dan kualitatif. Tes diuji validitasnya dengan menggunakan validitas konstruk expert jugdment. Kondisi awal siswa sebelum melakukan tindakan mendapatkan rata-rata ketuntasan klasikal sebesar 56 meningkat pada siklus I dengan persentase klasikal 20% dengan rata-rata 65,75 dan pada siklus II meningkat menjadi 95% dengan nilai rata-rata klasikal sebesar 83,25. Hasil belajar siswa ranah afektif siklus I memperoleh persentase sebesar 59% dengan kriteria sedang, kemudian meningkat pada menjadi 75,8% pada siklus II dengan kriteria tinggi. Sedangkan pada hasil belajar siswa ranah psikomotorik siswa pada siklus I diperoleh persentase sebesar 60,47% dengan kriteria tinggi kemudian meningkat pada siklus II dengan persentase klasikal sebesar 80,47% dengan kriteria sangat tinggi. Keterampilan guru juga mengalami peningkatan. Siklus I mendapatkan rata-rata 77,5% dengan kriteria baik, pada siklus II menjadi 86,6% dengan kriteria baik pula. Simpulan pada penelitian ini adalah menggunakan model pembelajaran Think Pair Share berbantuan media benda tiruan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada ranah kognitif, afektif dan psikomotorik serta keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran IPS siswa kelas V SD N Galiran. Saran dalam penelitian ini bagi siswa diharapkan pada saat pembelajaran sebaiknya siswa harus lebih aktif dalam mengikuti proses pembelajaran. Bagi guru proses pembelajaran perlu menerapkan model pembelajaran yang inovatif untuk menciptakan kondisi belajar yang menarik dan menyenangkan.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Susilo Rahardjo, M.Pd, Kons
Uncontrolled Keywords: Think Pair Share, Benda Tiruan, Hasil Belajar IPS
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 22 Nov 2016 06:22
Last Modified: 22 Nov 2016 06:22
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6398

Actions (login required)

View Item View Item